Bayern Munchen Rebut Nagelsmann, Leipzig Tunjuk Pelatih Amerika Jadi Gantinya

Gila Bola – Bayern Munchen baru saja merebut Julian Nagelsmann, Leipzig sudah bergerak cepat menunjuk pelatih asal Amerika, Jesse March, sebagai penggantinya.

Klub Bundesliga itu mengatakan pada Kamis 29 April 2021 waktu setempat, Marsch akan pindah dari klub saudara Leipzig, Red Bull Salzburg, dengan kontrak dua tahun yang berlaku hingga bulan Juni 2023. Marsch dijadwalkan akan mengambil alih posisi Nagelsmann pada musim depan.

Diungkapkan si.com, Marsch mengambil alih posisi Nagelsmann, yang setuju gantikan Hansi Flick di Allianz Arena pada awal pekan ini. Sementara Flick, diperkirakan akan menggantikan Joachim Loew di Timnas Jerman, setelah Loew mengundurkan diri usai Piala Eropa 2020 yang diundur hingga pertengahan tahun ini.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Marsch, seorang mantan pemain yang pernah tampil dua kali untuk Timnas Amerika Serikat, menjadi warga AS pertama yang bakal mengasuh sebuah tim yang akan berlaga di Liga Champions. Pelatih 47 tahun pengganti Nagelsmann yang setuju mengasuh Bayern Munchen itu, sebelumnya sudah membantu Salzburg memenangkan dua gelar – ajang liga dan perebutan piala di Austria, musim lalu, dan berpeluang mengulang sukses tersebut di tahun ini.

Marsch mengikuti jalur usang klub-klub Red Bull, pindah dari Salzburg ke Saxony – kamp latihan Leipzig di Jerman. Sebelumnya, Die Roten Bullen mengontrak gelandang Hongaria, Dominik Szoboszlai dari Salzburg di bulan Desember 2020 yang menjadi transfer ke-18 antara dia klub bersaudara tersebut.

Marsch sendiri sebelumnya bekerja sebagai asisten pelatih di Leipzig, di mana ia ikut membantu Leipzig mencapai final Piala Jerman dan finis di posisi ketiga Bundesliga pada tahun 2019. Ia juga pernah melatih tim MLS, New York Red Bulls, pada tahun 2015 hingga 2018, di mana ia menjadi pelatih terbaik di liga tersebut pada tahun 2015.

“Jesse tahu betul klub ini, kehidupan di kota Leipzig dan, di atas segalanya, dia tahu mengenai klub dan filosofi bermain kami,” tandas CEO Leipzig, Oliver Mintzlaff, yang pasrah pelatih andalannya direbut Bayern Munchen.

“Di samping menjadi pelatih yang berkualitas, Jesse juga memiliki gaya permainan yang sangat ambisius, yang dia gunakan untuk memotivasi dan libatkan semua orang di klub dan di sekitar klubnya,” tambah Mintzlaff.

Kedatangan Marsch untuk menggantikan dirinya, tentunya sangat disambut gembira Julian Nagelsmann. Pelatih muda yang baru berusia 33 tahun itu mengaku sangat senang Leipzig berhasil menemukan penggantinya dalam waktu singkat, dan dia sangat mendukung Marsch untuk lanjutkan pembangunan Leipzig.