Bayern Munchen Secara Mengejutkan Rekrut Bintang Reading

Gilabola.com – Bayern Munchen secara mengejutkan amankan jasa bintang Reading, Omar Richards, dengan kontrak empat tahun.

Richards lengkapi transfer mengejutkan itu dengan status bebas transfer. Pemain bertahan yang masih berusia 23 tahun itu dijadwalkan datang ke Bavaria dari Berkshire pada musim panas, setelah ia menyetujui perpindahannya awal pekan ini.

Meski demikian, negosiasi antara pihak Die Roten dan perwakilan Richards sendiri sudah dijalani selama tiga bulan, dan baru disetujui pada Senin (1/3) sore waktu setempat. Richards juga sudah dinyatakan lulus tes medis dalam pengecekan yang dilakukan di Inggris, karena adanya pembatasan keluar negeri akibat pandemi.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Pemain asli London yang memiliki peringkat tinggi itu dilirik Bayern Munchen setelah ia tunjukkan penampilan gemilang di lini pertahanan dan lini tengah klub yang bertengger di peringkat lima Championship musim ini.

Richards menjadi pemain kunci di skuad asuhan Veljko Paunovic, yang tengah berjuang untuk promosi ke Liga Premier musim ini. Paunovic semula bahkan bersikeras untuk mempertahankan Richards yang pernah menimba ilmu di akademi sepak bola Fulham itu.

Namun, pemain kelahiran Lewisham itu tak mau menyia-nyiakan peluang emas yang didapatnya, dan ia siap tinggalkan Reading setelah tampil dalam 92 pertandingan, termasuk 77 laga di antaranya tampil sebagai starter, sejak ia membela tim senior Reading pada tahun 2017.

Meskipun Richards akan bergabung dengan status bebas transfer, namun Bayern Munchen akan memberi Reading kompensasi pelatihan saat kontrak pemain itu berakhir pada bulan Juni 2021.

Nantinya, Richards dipastikan akan hadapi persaingan ketat untuk mendapat tempat sebagai starter di starting XI klub asuhan Hans-Dieter Flick. Rencananya, Richards akan memulai karirnya di raksasa Bundesliga itu sebagai cadangan bagi Alphonso Davies di sisi kiri pertahanan Die Roten, setelah pemain internasional Kanada itu berhasil mengamankan posisi itu musim lalu.

Davies, 20 tahun, bermain dalam 43 pertandingan saat Bayern kantongi Treble musim lalu. Namanya pun masuk dalam Tim Uefa, Fifa dan Liga Champions Musim Ini.

Meski demikian bersama Bayern Munchen musim depan, Richards bisa menjadi pengganti David Alaba, 28 tahun, yang diperkirakan akan hengkang dengan status bebas transfer, setelah pemain serba bisa Lucas Hernandez sering dikerahkan di lini tengah.

Diungkapkan The Sun, transfer ini menjadi pukulan tersendiri bagi Everton, yang juga mengincar Omar Richards untuk menambah persaingan bagi Lucas Digne. Sejauh ini, Richards baru bermain satu kali untuk Timnas Inggris U-21, di mana ia turun dari bangku cadangan di laga melawan Slovenia pada Oktober 2019.