Bayern Munchen Ungkap Lima Hal Terkait Transfer Nagelsmann

Gila Bola – Bayern Munchen ungkap lima hal terkait transfer Julian Nagelsmann, setelah pelatih muda tersebut akan teken kontrak lima tahun.

Di titik ini, hampir dipastikan Nagelsmann akan menjadi manajer Bayern per 1 Juli 2021. Negosiasi mengenai transfernya telah digelar sepanjang hari pada hari Senin 26 April 2021, dan tampak jelas bahwa Die Roten telah mencapai kesepakatan prinsip dengan Nagelsmann maupun Leipzig.

Julian Nagelsmann lahir dan dibesarkan di daerah pinggiran Munchen, Landsberg am Lech, di mana ia tumbuh sebagai seorang suporter Bayern. Saat ini, dia dan keluarga kecilnya sudah memiliki sebuah rumah yang juga terletak di pinggiran Munchen, bahkan sejak beberapa tahun lalu.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Jika isteri dan anak-anaknya tinggal di rumah tersebut sampai saat ini, Nagelsmann justru memilih menetap di Leipzig. Itulah sebabnya, tawaran untuknya di Bayern Munchen seakan menjadi situasi yang akan membawanya ‘pulang ke rumah dan jabani pekerjaan impiannya’.

Pada tahun 2017 mantan direktur olah raga Bayern, Matthias Sammer, pernah mengakui Nagelsmann kemungkinan akan gabung Die Roten suatu saat nanti – meskipun saat itu ia dikaitkan dengan posisi pelatih di Allianz Arena untuk gantikan Carlo Ancelotti yang dipecat.

“Waktulah yang akan menjawab, dan jika semuanya berjalan seperti biasa, kami bisa berasumsi bahwa hal itu (transfer Nagelsmann ke Bayern, sebagai seorang pelatih) akan terjadi suatu saat nanti,” tandas Sammer, seperti dilansir Bavarian Football Works.

Dan, sementara kita melihat banyaknya laporan yang berkembang di Jerman belakangan ini, kita patut tahu apa yang terjadi dengan kepindahan Nagelsmann ke  Bayern Munchen.

Bayaran Transfer

Menurut laporan Bild+, Die Roten sudah setuju untuk membayar 15 Juta Euro (Rp 262 Milyar) kepada Leipzig untuk Nagelsmann, dengan tambahan klausul bonus yang bisa membuat jumlahnya menjadi 20 Juta Euro (Rp 350 Milyar), tergantung pada gelar yang berhasil dia menangkan untuk Bayern dalam beberapa musim mendatang. Abendzeitung bahkan melaporkan, total nilai transfer Nagelsmann bisa mencapai 23 Juta Euro (Rp 402 Milyar).

Besaran 15 Juta Euro tersebut sama dengan yang digelontorkan Chelsea untuk membayar Porto, saat mereka ingin memboyong Andres Villas-Boas di tahun 2011; namun bonus yang diberikan dalam kontrak Nagelsmann membuatnya berada di posisi puncak.

Ini menjadi bayaran transfer manajer ke tiga yang setidaknya mencapai 10 Juta Euro dalam dua tahun terakhir, setelah Leicester City bayarkan 10,5 Juta Euro untuk datangkan Brendan Rodgers dari Celtic pada tahun 2019 dan saat Sporting Lisbon bayarkan 10 Juta Euro untuk amankan jasa pelatih Ruben Amorim dari Sporting Braga.

Di Bundesliga, pada tahun ini saja sudah terjadi transfer mahal untuk dua pelatih. Yakni saat Borussia Mönchengladbach bayarkan 7,5 Juta Euro untuk Adi Hütter, dan saat Borussia Dortmund datangkan Marco Rose dari Mönchengladbach dengan transfer 5 Juta Euro.

Lamanya Kontrak dan Gaji Nagelsmann

Nagelsmann dilaporkan akan teken kontrak lima tahun. Bayern Munchen pun diperkirakan akan bayarkan gaji tinggi pada pelatih 33 tahun itu. Diungkapkan Tz, gaji Nagelsmann akan sama dengan besaran gaji yang dikantongi Hansi Flick, yakni sebesar 8 Juta Euro per musim. Sementara gajinya saat ini di Leipzig, berada di kisaran 3 Juta Euro per musim.

Siapa yang Ambil Bagian dalam Staf Kepelatihannya?

Menurut Abendzeitung, tak ada jaminan mengenai hal tersebut saat ini. Namun, kemungkinan, dua legenda klub Miroslav Klose dan Danny Rohl akan ikut Hansi Flick ke Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Sedangkan Nagelsmann, kemungkinan akan membawa asistennya dari Leipzig; Moritz Volz, untuk kembali membantunya di Bayern Munchen. Nagelsmann kemungkinan juga akan mempertahankan Hermann Gerland, pelatih kiper Toni Tapalovic, dan Holger Broich di posisi mereka masing-masing saat ini.

Bayern Hampir Datangkan Nagelsmann di Tahun 2015

Karier kepelatihan Nagelsmann di tim muda telah menarik perhatian seluruh Jerman selama awal tahun 2010-an. Uli Hoeneß menjadi salah satunya. Menurut direktur teknik Bayern Munchen saat itu, Michael Reschke, Hoeneß sangat berharap bisa memboyong Nagelsmann, yang saat itu baru saja mendapat promosi menjadi pelatih U-19 Hoffenheim, dan ingin Nagelsmann lakukan pekerjaan sama di Allianz Arena.

Namun Dietmar Hopp bahkan menolak untuk berdiskusi mengenai kemungkinan Nagelsmann meninggalkan klubnya. Hoeneß menerima keputusan itu dan berusaha moved on dari impiannya tersebut, hingga Nagelsmann kemudian mendapat promosi untuk menjadi asisten pelatih skuad utama di Hoffenheim dan kemudian menjadi pelatih kepala.

Kapan Bayern akan Mengumumkannya?

Pertanyaan besarnya adalah, tentu saja, ‘kapan penunjukkan Nagelsmann sebagai pelatih baru akan diumumkan secara resmi?’.

Well, menurut sejumlah laporan yang berkembang di Jerman menyebutkan, Bayern Munchen tak mau mengumumkan kepada publik mengenai Nagelsmann, hingga mereka mencapai kesepakatan dengan Hansi Flick dan atau DFB.

Sementara banyak yang mencoba membuat situasi ini jauh lebih antagonis dibandingkan sebenarnya, kedua belah pihak justru ingin mengakhiri hubungan mereka secara damai. Sangat mungkin, semuanya resmi sebelum Leipzig mainkan laga semi-final Piala Jerman melawan Werder Bremen pada Sabtu dini hari 1 Mei 2021.