Bendera Ukraina di Lengan Lewandowski Saat Bayern Menang di Frankfurt

Robert Lewandowski mengenakan ban bendera Ukraina di lengan kirinya saat kapten Bayern Munchen itu menunjukkan keberpihakan pada negara yang tengah diserang oleh Rusia itu pada laga Bayern Munchen di kandang Eintrach Frankfurt, Minggu.

Die Roten menang dengan satu gol Leroy Sane pada laga Bundesliga yang usai Minggu dinihari (27/2) tapi fokus perhatian masyarakat akan teralihkan pada bendera biru-kuning di lengan kiri sang penyerang Polandia.

PSSI-nya Polandia sudah menyatakan akan memboikot laga play-off kualifikasi Eropa untuk Piala Dunia 2022, di mana negeri dengan bendera putih-merah itu dijadwalkan bertanding melawan Rusia dalam laga satu leg semifinal pada 24 Maret 2022. Pemenang dari play-off ini akan menjumpai pemenang dari Swedia vs Ceko guna memperebutkan satu tiket Piala Dunia 2022.

Advertisement
KaikoSlot
KaikoSlot

Kepala PSSI Polandia Cezary Kulesza mengumumkan pada hari Sabtu bahwa mereka tidak akan bertanding melawan timnas Rusia.

Sikap Kulesza itu muncul sebagai tanggapan terhadap sikap Presiden Rusia Vladimir Putin yang menyatakan perang terhadap Ukraina dan meluncurkan invasi agresif yang sudah memakan korban tewas pada angka ratusan, sementara ribuan warga Ukraina lainnya dipaksa melarikan diri untuk mencari perlindungan di negara tetangga, Polandia.

Kulesza bercuit di Twitter: “Tidak ada lagi kata-kata, sudah waktu untuk bertindak! Karena eskalasi agresi Federasi Rusia terhadap Ukraina, tim nasional Polandia tidak berniat untuk memainkan pertandingan play-off melawan Rusia. Ini adalah satu-satunya keputusan yang tepat. Kami sedang dalam pembicaraan dengan federasi Swedia dan Republik Ceko untuk memberikan posisi yang sama kepada FIFA.”

Beberapa dampak dari invasi Rusia terhadap Ukraina sudah bermunculan. UEFA memutuskan untuk memindahkan lokasi final Liga Champions dari Saint Petersburg ke Paris. UEFA juga memerintahkan klub-klub sepakbola Rusia memindahkan kandang mereka keluar negeri itu untuk laga kompetisi Eropa. Selain itu, otoritas F1 juga sudah membatalkan F1 Rusia yang dijadwalkan berlangsung di Sochi.

BANDARTOGEL77