Borussia Dortmund Menjauh 9 Poin di Puncak Liga Jerman

Borussia Dortmund Menjauh 9 Poin di Puncak Liga Jerman

Gilabola.com – Borussia Dortmund berhasil menjauh 9 poin di puncak klasemen Liga Jerman setelah menang 2-1 atas Borussia Monchengladbach di Signal Iduna Park, Sabtu (22/12) dinihari.

Borussia Dortmund mengamankan selisih 9 poin dari juara bertahan Bayern Munchen setelah menang 2-1 atas tamunya, Monchengladbach, dengan kedua gol tuan rumah dicetak pemain muda Inggris Jadon Sancho serta kapten Marco Reus. Sementara gol balasan disarangkan Cristoph Kramer.

Secara umum pertandingan di Signal Iduna Park ini berlangsung seimbang, dengan Dortmund lebih ambisius, terlihat dari empat sepakan on target dan lima serangan off target di depan gawang lawan. Bandingkanlah itu dengan apa yang dilakukan Gladbach, tiga serangan tepat sasaran dan nol percobaan serangan yang meleset.

Meskipun kedua belah pihak turun dengan lini pertahanan yang lebih lemah akibat cederanya beberapa pemain, keduanya tampil sangat solid selama 40 menit babak pertama, sebelum gol pertama terjadi. Marco Reus memiliki peluang pertama permainan setelah setelah menerima umpan terobosan dari Paco Alcacer, tetapi Yann Sommer berhasil memblokir upaya kapten BVB tersebut.

Tepat setelah tanda setengah jam berita buruk datang untuk tim tuan rumah saat Paco Alcacer dipaksa keluar, digantikan oleh Mario Goetze. Tapi justru sang pemain pengganti itulah yang menjadi arsitek terjadinya gol pertama pertandingan.

Advertisement
OLE777
OLE777

Sebuah serangan balik yang cepat melihat Goetze mengirim umpan ke Jadon Sancho di dalam kotak, dan pemain remaja Inggris itu mengalahkan Oscar Wendt dalam pertarungan satu lawan satu sebelum menembak ke seberang gawang dari sudut yang kelihatannya mustahil, memantul dari bagian dalam tiang jauh. GOL! 1-0!

Pemain 18 tahun itu akan mengira dia sudah memberi timnya keunggulan di babak pertama, tetapi Christoph Kramer punya pendapat lain. Membuat penampilan pertamanya sejak bulan Oktober, gelandang itu adalah yang pertama melepaskan bola di kotak penalti Dortmund untuk menyodok melewati kiper Roman Burki setelah umpan silang dari Denis Zakaria. GOL! 1-1!

Borussia Dortmund kembali unggul hanya dalam waktu sembilan menit. Sancho memotong masuk ke dalam kotak sebelum memainkan bola keluar ke posisi sayap kanannya, ek arah Goetze. Ia kemudian mengirim assist keduanya malam tadi dengan bola sempurna ke tiang jauh, yang berhasil dihajar oleh Marco Reus melewati Sommer. GOL! 2-1! Setelah itu Reus nyaris mencetak gol keduanya melalui sebuah tendangan bebas, hanya meleset beberapa sentimeter dan memantul di tiang gawang.

Dieter Hecking membuat pergantian di awal babak kedua, guna mendorong Thorgan Hazard dan Alassane Plea lebih ke depan, tetapi Dortmund bertahan secara luar biasa untuk meredam kedua pemain berbahaya itu.

Tim tuan rumah berhasil bertahan untuk mengamankan tiga poin yang sangat penting dalam perburuan gelar musim ini. Hasil pertandingan Borussia Dortmund vs Borussia Monchengladbach akhirnya ditutup dengan skor akhir 2-1. BVB kini unggul sembilan poin dari Gladbach dan Bayern Munchen, yang bertandang ke Eintracht Frankfurt pada Sabtu malam.