Borussia Dortmund Pertahankan Lucien Favre

Borussia Dortmund Pertahankan Lucien Favre Setahun Lagi

Gilabola.com – Borussia Dortmund memperpanjang kontrak Lucien Favre satu tahun lagi, setelah pelatih asal Swiss itu tampil gemilang di musim perdananya bersama Die Borussen.

Lucien Favre saat ini telah menandatangani perpanjangan kontrak yang akan mengikatnya dengan Dortmund hingga 2021 mendatang. Ia sebelumnya menyetujui kontrak dua tahun di klub Bundesliga itu pada Mei 2018, dan membawa mereka menjadi runner-up Bundesliga – bahkan nyaris juara, yang tak terduga, di musim pertamanya sebagai pelatih Dortmund.

Setelah hanya terpaut dua poin di belakang juara bertahan Bayern Munchen, mantan pelatih Borussia Monchengladbach itu memperbarui kesepakatannya di Signal Iduna Park.

“Saya menunggu-nunggu saat untuk bisa melanjutkan kerja sama yang membangun dan sukses bersama-sama seluruh tim BVB,” ujar Favre dalam sebuah pernyataannya, usai teken kontrak barunya diumumkan Borussia Dortmund, Selasa (18/6) waktu setempat.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

“Saya senang mendapat kesempatan untuk membangun masa depan klub yang penuh tradisi ini,” tambahnya.

Sukses Penuhi Harapan Dortmund

Sementara itu CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, menyatakan Favre sudah 100 persen memenuhi harapan klub. “Wajar jika kami ingin membangun kembali masa depan klub bersama-sama,” ujar Watzke, seperti dilansir Fox Sports.

Bisa dipastikan, Dortmund tampaknya akan kembali menantang Bayern Munchen dalam perebutan gelar juara musim 2019/20 mendatang. Apalagi, setelah klub itu berhasil amankan jasa tiga pemain muda; Julian Brandt, Thorgan Hazard dan Nico Schulz.

“Lucien telah menciptakan struktur yang jelas di tim kami, dan berhasil mengembangkan para pemain kami,” tambah direktur olahraga Borussia Dortmund, Michael Zorc.

Kantongi Rasio Poin per Laga Terbesar

Sejauh ini, prestasi Favre memang cukup menakjubkan. Bahkan menurut OptaFranz, Favre memiliki rasio poin per pertandingan terbaik dibandingkan semua pelatih yang pernah mengasuh Dortmund, termasuk Thomas Tuchel yang kini menjadi arsitek klub PSG dan Jurgen Klopp yang sukses membawa Liverpool menjadi juara Liga Champions.

Jika Favre bukukan rasio poin per laga sebesar 2,24 poin, maka Tuchel berada di posisi dua dengan kemampuannya mencetak 2,09 poin per pertandingan – saat ia masih melatih di Dortmund tentunya.

Sedangkan Klopp, justru berada di posisi empat dengan rasio 1,91 poin per pertandingan. Dia berada di bawah Willi Multhaup yang pernah mengasuh Dortmund di musim 1965/66 dan berada di posisi tiga daftar tersebut, dengan rasio 1,94 poin per laga.