Borussia Dortmund vs Fortuna Dusseldorf, Laga Lesu Sang Runner-up

Borussia Dortmund vs Fortuna Dusseldorf, Laga Lesu Sang Runner-up

Prediksi pertandingan Borussia Dortmund vs Fortuna Dusseldorf pada pekan ke-33 Liga Jerman di Signal Iduna Park, Sabtu (11/5) malam WIB.

Borussia Dortmund sudah sukar mengharapkan keajaiban di laga kedua terakhir Bundesliga musim ini. Salah mereka karena banyak menyia-nyiakan kesempatan dalam laga-laga sebelumnya. Pada laga kedua terkini, mereka kalah 2-4 dari rival sesama North Rhine-Westphalia, Schalke 04. Selang sepekan kemudian, hanya bermain imbang 2-2 lawan Werder Bremen.

Seandainya Borussia Dortmund menang akhir pekan lalu, mereka akan pergi ke laga ini dengan peluang yang lebih baik untuk mengejar Bayern Munchen di puncak klasemen karena hanya berselisih satu poin saja. Kini, harapan mereka untuk menjuarai Bundesliga sangat tipis, karena ada jarak empat poin dengan Die Roten. Jika Bayern menang akhir pekan ini di kandang RB Leipzig, maka mereka akan dinobatkan sebagai juara liga saat musim tersisa satu pertandingan lagi.

Dengan demikian, Dortmund akan menangisi musim ini sebagai sebuah peluang emas yang terlewatkan untuk menghentikan dominasi Bayern. Nyaris sepanjang musim mereka unggul jauh di atas Die Roten, sebelum merosotnya performa BVB usai liburan Natal, dan  menyebabkan skuad Niko Kovac berhasil menipiskan jarak, kemudian menyalipnya.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Dari sudut pandang menyerang, Dortmund sangat baik di kandang, dengan mencetak rata-rata 3,06 gol, sementara mereka juga rata-rata berpeluang mencetak 2.08 gol. Tidak ada tim lain di Bundesliga yang mencetak lebih banyak gol di kandang daripada Dortmund musim ini. Namun sayangnya, BVB tidak memiliki rekor pertahanan terbaik, kebobolan 23 gol dalam 16 pertandingan di Signal Iduna Park.

Dalam beberapa waktu terakhir, kelemahan pertahanan Dortmund lebih terlihat lagi, kebobolan empat gol melawan Schalke 04 dalam pertandingan terakhir mereka di Signal Iduna Park. Sementara, mereka juga kebobolan di laga melawan Mainz sebelumnya.

Faktanya, pasukan Lucien Favre sekarang kebobolan setidaknya sekali, kecuali satu dari sembilan laga kandang terkininya. Die Borussen kebobolan setidaknya dua gol pada tiga dari sembilan laga itu, jadi wajar untuk mengatakan BVB bukanlah tim yang sempurna.

Dusseldorf bukan tim yang menakutkan di lini depan. Mereka menduduki pencetak gol terbanyak ke-11 di Bundesliga, tapi tim tamu telah bermain lebih bebas akhir-akhir ini, yang memungkinkan mereka mencetak lebih banyak gol.

Setelah membukukan sembilan gol dalam lima pertandingan terkininya, mencetak setidaknya satu gol dari masing-masing lima laga itu, skuad asuhan Friedhelm Funkel sepertinya akan bermain menyerang pada Sabtu ini.

Dusseldorf jarang kesulitan mencetak gol saat tandang, gagal mencetak gol hanya satu kali dalam 10 laga tandangnya. Selain itu, tim tamu telah mencetak setidaknya dua gol dalam tiga dari lima tandang terbarunya.

Jika melihat upaya keseluruhan dari kedua tim, maka tuan rumah tentu pantas difavoritkan untuk menang dalam laga Borussia Dortmund vs Fortuna Dusseldorf ini. Pertahanan Dortmund tampil buruk belakangan ini, terutama di kandang. Ditambahkan dengan fakta bahwa Dusseldorf telah mencetak banyak gol akhir-akhir ini maka diprediksi pertandingan nanti akan berakhir imbang. Prediksi Skor: Borussia Dortmund 2-2 Fortuna Dusseldorf.

Head-to-head Borussia Dortmund vs Fortuna Dusseldorf

Borussia Dortmund telah memenangkan lima laga dan imbang dua kali pada tujuh pertandingan kandang terakhir mereka melawan Fortuna Düsseldorf.