Cinta Segi Tiga Borussia Dortmund, Bayern Munchen, dan Frankfurt

Cinta Segi Tiga Borussia Dortmund, Bayern Munchen, dan Frankfurt

Ada drama cinta segitiga antara Borussia Dortmund, Bayern Munchen dan Eintracht Frankfurt pada matchday terakhir Bundesliga hari Sabtu (18/5). Begini ceritanya.

Untuk memahami sinetron hari terakhir ini Anda harus terlebih dulu melihat klasemen Liga Jerman dan posisi ketiganya. Sebenarnya ada tim keempat sih yang ikut terlibat dalam drama ini: Borussia Monchengladbach. Sayang, namanya kepanjangan jadi susah masuk judul dan alinea pertama. Nanti belakangan kita balik ke Gladbach.

Klasemen Bundesliga jelang matchday terakhir musim adalah sebagai berikut. Bayern Munchen di posisi teratas dengan 75 poin, Dortmund kedua dengan 73 poin, Red Bull Leipzig urutan ketiga (66), Gladbach nomor empat (55), Bayer Leverkusen (55), Eintracht Frankfurt (54) dan Wolfsburg (52).

Untuk laga Sabtu (18/5) malam ini Die Roten akan berlaga di kandang sendiri melawan Frankfurt, sementara BVB tandang ke Monchengladbach. Keduanya harus menang, atau menyerahkan nasib mereka kepada rival sengitnya itu.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Belum pernah dalam sejarah Bundesliga ada perebutan gelar sengit sampai ke laga terakhir musim. Hanya ada selisih dua poin di antaranya Bayern dan Dortmund. Die Roten tak boleh kalah atau imbang pada laga Sabtu malam ini, atau mereka akan menyerahkan nasibnya di tangan anak-anak Lucien Favre.

Dortmund juga begitu. Tak boleh kalah. Mereka harus menang atas Gladbach. Tapi dalam soal laga terakhir musim itu tugas skuad asuhan Niko Kovac di Allianz Arena tampaknya lebih mudah karena menjamu Frankfurt. Sementara Dortmund yang sedikit lebih lemah saat tandang justru menghadapi lawan sulit Borussia Monchengladbach.

Yang menarik adalah, Eintracht Frankfurt akan berhasil melompati sejumlah tim sekaligus, meraih 57 poin, dan lolos langsung ke Liga Champions jika berhasil merebut tiga poin atas Bayern Munchen hari Sabtu malam ini dan di saat yang sama Gladbach serta Bayer Leverkusen kalah.

Sekedar mengingatkan, Frankfurt adalah tim Jerman yang merepotkan Chelsea di babak semi final Liga Europa dengan skor agregat 2-2 (1-1 dan 1-1 pada kedua leg), dan The Blues hanya berhasil lolos ke final setelah menang adu penalti atas pasukan Adolf Huetter tersebut. Jadi terlihat bahwa Dortmund akan mendukung Eintracht menang nanti malam. Bukan saja mereka lolos langsung, tapi BVB juga bisa langsung memastikan juara, dengan asumsi mereka menang atas Gladbach.

Nah di sini lah cinta keempat ikut bergabung, Borussia Monchengladbach. Pasukan Dieter Hecking ini tengah menduduki urutan keempat klasemen Liga Jerman dan tidak akan menyerahkan posisi mereka begitu saja kepada Eintrach Frankfurt. Jika mereka berhasil memaksakan kemenangan atas Dortmund, yang memiliki catatan tiga kekalahan dan lima imbang (delapan menang) dari 16 tandangnya, maka mereka-lah yang lolos ke Liga Champions musim depan.

Jadi, ada tiga pertandingan Liga Jerman yang harus dipantau nanti malam:

  • Bayern Munchen vs Frankfurt
  • Gladbach vs Dortmund
  • Hertha Berlin vs Bayer

Jika Die Roten menang, mereka juaranya, tak peduli hasil di tempat lain. Jika Robert Lewandowski dan kawan-kawan kalah maka lihat dulu apakah Dortmund menang. Jika BVB menang maka merekalah juaranya. Sebuah hasil draw tidak akan cukup bagi pasukan Lucien Favre. Mereka harus menang.

Jika Frankfurt menang, dan di saat yang sama Gladbach serta Bayer Leverkusen kalah, maka Eintracht-lah yang akan lolos ke Liga Champions. Kemenangan Frankfurt masih menunggu hasil Gladbach vs Dortmund dan Hertha Berlin vs Bayer.