Fakta-fakta Bayern Munchen vs Bayer Leverkusen, Perebutan Puncak Bundesliga

Gila Bola – Tahukah kamu bahwa pertandingan Bayern Munchen vs Bayer Leverkusen hari Sabtu (16/9) merupakan laga big match yang sangat penting di awal musim baru Bundesliga 2023/24?

Itu karena kedua tim yang akan bertemu di Allianz Arena ini merupakan dua tim urutan teratas klasemen sementara Liga Jerman, dengan pasukan Xabi Alonso sedikit lebih unggul daripada skuad Thomas Tuchel.

Namun ada lebih banyak fakta-fakta lain menyangkut pertarungan dua raksasa Bundesliga itu pada akhir pekan ini. Simak.

Jadi “Derby London” Lainnya Bagi Harry Kane vs Granit Xhaka¬†

Meskipun ini terjadi di Liga Jerman dan mempertemukan Die Roten vs Die Werkself, namun aroma Derby London sangat terasa di sini karena mempertemukan ulang Harry Kane kontra Granit Xhaka.

Kedua pemain ini seperti mengulangi 15 pertarungan antara Tottenham Hotspur vs Arsenal yang melibatkan mereka berdua di masa lalu saat Kane membela jersey Spurs dan Xhaka mengenakan kaos the Gunners.

Sudah 5 Tahun Bayern Tak Pernah Empat Kemenangan di Awal Musim

Pertemuan kedua tim ini pada Maret 2023 lalu berakhir dengan kemenangan 2-1 bagi B04. Gol babak pertama dari Joshua Kimmich dibalaskan oleh dua gol penalti Exequiel Palacios.

Dengan latar belakang seperti itu, semakin relevan untuk mengungkit fakta bahwa sudah lima tahun, yakni sejak 2018/19, Bayern tidak pernah bisa memenangkan empat laga pertama musim.

Kali ini skuad Thomas Muller dan rekan-rekannya sudah mencatatkan tiga kemenangan sejak laga pekan perdana musim, menang 0-4 di Werder Bremen, unggul 3-1 atas Augsburg dan mengungguli Gladbach 1-2 pada laga terakhirnya.

Apakah mereka bisa menang atas pasukan Xabi Alonso? Hanya dua dari empat laga kandang kontra B04 berakhir dengan kemenangan. Sisanya satu hasil imbang dan satu kekalahan, yakni Desember 2019 saat tim asal Bavaria itu menyerah kalah 1-2. Jadi, ini benar-benar laga big match yang menantang bagi Tuchel dan anak buahnya.

Xabi Alonso, Penyelamat Bayer Leverkusen 

Sang pelatih B04 tersebut adalah bekas pemain Die Roten dan meraih tiga gelar juara Bundesliga bersama klub Bavaria itu, pada 2015 sampai 2017. Jadi, dia paham betul kesulitan yang akan dihadapinya akhir pekan ini.

Namun Xabi Alonso sudah menunjukkan kemampuannya yang mengesankan. Saat ia datang pada pekan pertama Oktober 2022, B04 berada di zona degradasi, hanya posisi kedua paling bawah klasemen, situasi yang membuat manajemen klub memecat Gerardo Seoane.

Setelah masuk menangani tim pada pekan ke-9, pelatih asal Spanyol ini kemudian mengangkat tim itu dari posisi 17 naik perlahan sebelum mengakhiri musim pada urutan enam.

Kategori: Sepakbola, Liga Jerman
Topik: Bayer Leverkusen, Bayern Munchen, Prediksi Bola