Gol 13 Detik Awali Siksaan Terhadap Bayern Munchen Oleh Augsburg

Gol 13 Detik Awali Siksaan Terhadap Bayern Munchen Oleh Augsburg

Bayern Munchen adalah juara bertahan Bundesliga, tapi mereka disiksa oleh tim calon degradasi, Augsburg, pada laga pekan ke-22 di WWK Arena, Sabtu (16/2). Siksaan pertama terjadi hanya dalam 13 detik!

Hanya dalam waktu kurang dari 13 detik, tuan rumah Augsburg mencetak gol cepat ke gawang Manuel Neuer. Gol ini diawal dari usaha individual Philipp Max di sisi kanan lini pertahanan Die Bayern. Sampai di garis akhir ia mengirim umpan silang ke depan gawang lawan, tapi oleh Leon Goretzka malah dibelokkan ke gawang sendiri, tepat di pojok gawang. Manuel Neuer, yang baru saja kembali ke bawah mistar setelah absen selama tiga laga karena cedera jempol tangan, hanya bisa geleng-geleng kepala.

Namun selang 15 menit kemudian FC Hollywood membalas melalui satu umpan silang lambung dari sisi kanan lapangan yang diarahkan secara akurat oleh Joshua Kimmich. Lolos dari cegatan pemain belakang Augsburg, bola disambar oleh Kingsley Coman ke pojok gawang, dan skor pun berubah menjadi 1-1.

Advertisement
advertisement
advertisement

Sekedar mengingatkan bahwa Augsburg adalah tim pertama yang berhasil membuat manajer anyar Niko Kovac pusing kepala setelah menahan imbang Der FCB 1-1 pada awal karirnya di Allianz Arena, 25 September 2018.

Kini hal yang sama seolah-olah terjadi kembali setelah tuan rumah unggul 2-1 melalui Ji Dong-won. Dalam satu serangan oleh tim putih itu, bola muntah sampai ke Michael Gregoritsch di dalam kotak, tapi ia gagal mengendalikan bola. Ji yang melihat kesempatan segera menyambar bola pada kesempatan pertama dan bola bersarang di bagian atas gawang Bayern. Manuel Neuer pun geleng-geleng kepala lagi untuk kedua kalinya.

Beruntung ada Kingsley Coman. Jebolan PSG yang sempat merumput di Juventus ini menyelamatkan Bayern Munchen untuk kedua kalinya melalui golnya pada detik-detik terakhir babak pertama. Leon Goretzka, yang tadi menjadi penyebab terjadinya gol bunuh diri Bayern pada detik ke-13, menerima bola sedikit di luar kotak dan menyodorkannya ke sisi kiri ke arah Coman. Ia kali ini menyerang melalui kolong kiper Augsburg, Gregory Kobel. Sama seperti Neuer, ia juga geleng-geleng kepala tak bisa paham bola lolos melalui kolong kakinya.

Dan pertandingan berlangsung secara berbeda pada babak kedua, dengan Bayern memperketat lini belakang, menguasai lebih banyak operan bola di bagian tengah lapangan dan akhirnya David Alaba memastikan kemenangan Bayern dengan serangan pada menit 53.

Gol ini berawal dari sebuah serangan Bayern yang dipatahkan tapi bola hanya sempat kembali sedikit di luar kotak. James Rodriguez kemudian mengumpan ke Kingsley Coman di sisi kiri kotak penalti yang dengan cepat mengirim bola ke David Alaba dan sang pemain menyepak dari sudut sempit di sisi kanan pertahanan Augsburg. GOL! 2-3!

Ini bukan sebuah pertandingan yang menyenangkan untuk FC Hollywood. Mereka cukup menderita setelah disiksa oleh pemain Augsburg selama 45 menit pertama. Tapi tiga poin dalah tiga poin dan itu yang terpenting. Mereka kini hanya dua poin di bawah Borussia Dortmund, yang baru akan menyelesaikan laga Bundesliga dengan penuh tekanan dalam selang tiga hari dari sekarang.