Hasil Liga Jerman: Kalahkan Leverkusen, Borussia Dortmund dan Erling Haaland Cetak Rekor Musim Ini

Gilabola.com – Hasil pertandingan Borussia Dortmund vs Bayer Leverkusen di Signal Iduna Park pada Sabtu malam 22 Mei 2021 berakhir dengan kemenangan tuan rumah, 2-0.

Meski demikian tak ada lagi yang dipertaruhkan dalam laga ini, setelah Borussia Dortmund sudah memastikan diri akan berlaga di Liga Champions musim depan. Sedangkan Leverkusen, juga sudah mendapat tiket ke Liga Europa.

Namun kedua tim tetap berusaha tampil profesional dan berambisi untuk menang di laga terakhir ini. Tuan rumah Dortmund tentunya punya motivasi dan ambisi yang lebih besar karena mereka mendapat giliran menutup musim di kandang sendiri. Hasilnya, skuad Edin Terzic itu menang 2-0.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Bintang asal Norwegia, Erling Haaland, membuka kran gol Dortmund saat laga baru berjalan lima menit, kemudian menggandakan koleksinya malam di menit 84. Skor Die Borussen kemudian digandakan Marco Reus lewat tendangan bebas indahnya di menit 51.

Sayangnya, gawang Dortmund urung clean sheet setelah Leverkusen mendapat hadiah penalti usai pelanggaran yang dilakukan Emre Can terhadap Patrik Schick di area terlarang. Peluang penalti ini berhasil dimanfaatkan Lars Bender untuk memperkecil kekalahan Leverkusen menjadi 3-1 di menit 84.

Channel Gilabola di Youtube

Lewat dua golnya tersebut, Haaland pun tercatat berhasil mencetak gol ke-41 dalam satu musim, untuk pertama kali dalam karirnya di sepak bola. Kemenangan ini juga membuat Dortmund berhasil mencetak gol dalam 32 pertandingan beruntun di Bundesliga, untuk pertama kalinya sejak musim 1995/96.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Borussia Dortmund langsung tampil menekan di awal laga melawan Leverkusen – pertandingan penutup musim ini.

Berawal dari aksi Mahmoud Dahoud – pemain yang ingin dipertahankan pelatih baru mereka Marco Rose musim depan, saat laga bahkan baru berjalan dua menit. Sayangnya, upaya yang dilakukan Dahoud berhasil diblok.

Semenit kemudian, Leverkusen sebenarnya punya peluang emas untuk unggul lebih dulu atas Dortmund. Namun kesempatan ini gagal dimanfaatkan dengan baik.

Sebaliknya, pemain Leverkusen Kerem Demirbay malah lakukan blunder. Bola langsung disambar Reinier dan disodorkannya ke arah Erling Haaland.

Pemain asal Norwegia itupun tak sia-siakan kesempatan dan langsung melesakkannya ke gawang Leverkusen. GGOOOLL!! Dortmund pun memimpin 1-0 tepat di menit ke-5.

Gol ini sekaligus menjadi gol ke-40 yang berhasil dibukukan Haaland bersama Dortmund dalam semusim ini. Gol-gol Haaland itu terdiri dari 26 gol di Bundesliga, 10 gol di Liga Champions, tiga gol di DFB Pokal dan satu gol lainnya di Piala Super Jerman.

Gol tersebut juga mencatatkan rekor tersebut bagi Dortmund, di mana mereka hanya gagal mencetak gol dalam SATU PERTANDINGAN Bundesliga saja musim ini, yakni saat mereka kalah 0-2 dari Augsburg.

Selebihnya, Dortmund tak pernah berhenti mencerak gol dalam 32 pertandingan Bundesliga secara berturut-turut, untuk pertama kalinya sejak musim 1995/96 saat mereka juga berhasil selalu mencetak gol di 32 pertandingan.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, sayangnya, Dortmund harus kehilangan salah satu bintang mereka, Mahmoud Dahoud. Posisinya kemudian digantikan wonderkid asal Inggris, Jude Bellingham.

Leverkusen berusaha mengejar ketertinggalan mereka di babak kedua ini, saat Florian Wirtz berusaha membangun serangan di menit ke-47. Namun upayanya berhasil dibaca kiper Dortmund, Roman Buerki, yang langsung mengamankan bola.

Alih-alih mengejar ketertinggalan mereka, Leverkusen malah kebobolan lagi di menit ke-51 saat Marco Reus berhasil menyarangkan tendangan bebasnya ke gawang Leverkusen. GOOLL!! 2-0 Untuk Dortmund!

Semenit kemudian kapten Dortmund, Lukasz Piszczek – yang lakoni laga terakhirnya bersama Dortmund malam ini, nyaris menambah keunggulan Die Borussen. Namun sayangnya sundulan kepala pemain berusia 35 tahun itu masih melebar. GAGAL!

Begitu juga saat Bellingham berusaha melepaskan tembakannya dari luar kotak penalti, bola gagal bersarang di gawang lawan.

Bayer Leverkusen nyaris memperkecil ketertinggalannya di menit 64 saat Sven Bender lancarkan sundulannya di depan gawang Buerki, tapi bola berhasil diamankan kiper asal Swiss tersebut.

Begitu juga saat Demarai Gray berada pada posisi pas untuk mencetak gol spektakuler bagi Leverkusen di menit 65. Buerki kembali berhasil lakukan aksi penyelamatan.

NYARIS!! Bellingham berhasil memanfaatkan umpan Reinier di menit 69. Namun sayangnya, bola masih melebar dari gawang lawan.

Jadon Sancho yang masuk menggantikan Marco Reus di pertengahan babak kedua, nyaris menambah keunggulan Dortmund di menit 83. Namun upayanya terhenti karena offside.

GGOOLL!! Erling Haaland kembali mencetak gol ke gawang Leverkusen di menit 84. Haaland berhasil sarangkan bola dalam posisi satu lawan satu dengan kiper Leverkusen, Lukas Hradecky, yang gagal membentuk aksi Haaland. 3-0 Untuk Dortmund!

Pemain yang terus memanaskan spekulasi transfer di sepak bola Eropa inipun tercatat berhasil mencetak GOL KE-41 di musim ini bersama Dortmund, dan golnya yang ke-27 di Bundesliga.

Jadon Sancho yang masuk menggantikan Marco Reus di pertengahan babak kedua, nyaris menambah keunggulan Dortmund di menit 83. Namun upayanya terhenti karena offside.

GGOOLL!! Erling Haaland kembali mencetak gol ke gawang Leverkusen di menit 84. Haaland berhasil sarangkan bola dalam posisi satu lawan satu dengan kiper Leverkusen, Lukas Hradecky, yang gagal membentuk aksi Haaland. 3-0 Untuk Dortmund!

Sayangnya, Dortmund gagal mempertahankan clean sheet di laga terakhir ini setelah Emre Can lakukan pelanggaran terhadap Patrik Schick, dan wasit berikan HADIAH PENALTI kepada tim tamu.

GGOOLL!! Lars Bender yang baru masuk beberapa detik sebelumnya menggantikan kapten Leverkusen, Sven Bender, sukses menyarangkan bola ke gawang Buerki dari titik putih di menit 89. 3-1 Untuk Leverkusen.

Susunan Pemain

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Buerki; Lukasz Piszczek, Manuel Akanji/Mats Hummels, Emre Can, Nico Schulz; Mahmoud Dahoud/Jude Bellingham, Thomas Delaney; Julian Brandt, Marco Reus/Jadon Sancho, Reinier; Erling Braut Haaland.

Bayer Leverkusen (4-2-3-1): Lukas Hradecky; Wendell, Sven Bender, Aleksandar Dragovic, Jonathan Tah; Charles Aranguiz, Kerem Demirbay; Demarai Gray, Florian Wirtz, Karim Bellarabi; Paulinho.

AHABET
AHABET