Hasil Liga Jerman: Lewandowski 40 Gol Musim Ini, 10 Pemain Bayern Terlalu Kuat Bagi Stuttgart

Gila Bola – Robert Lewandowski menjadi calon terkuat penerima Sepatu Emas 2021 setelah mengantongi 40 gol semusim. Tiga gol terkininya dicetak dalam kemenangan 4-0 atas Stuttgart pada Sabtu malam 20 Maret 2021, saat mana Die Roten hanya bermain dengan 10 orang saja sejak menit 12.

Alphonso Davies, pemain Kanada yang didatangkan Bayern Munchen pada 1 Januari 2019, diusir wasit hanya dalam waktu 12 menit saja sejak kick-off pertandingan di Allianz Arena, Sabtu malam, usai menginjak pergelangan kaki Wataru Endo.

Itu sebenarnya merupakan sebuah insiden tidak disengaja dan terjadi dalam sebuah situasi perebutan bola. Tapi wasit membatalkan kartu kuning setelah melihat tayangan ulang di layar VAR dan kemudian menunjukkan kartu merah. Namun berkurangnya satu pemain tidak berarti apa-apa bagi skuad Hansi Flick itu.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Robert Lewandowski – yang dilarang pulang oleh manajemen Bayern guna membela tim nasionalnya karena lockdown yang diberlakukan di Polandia – mencetak gol hanya dalam waktu lima menit saja sejak kartu merah Davies tersebut, disambung dengan gol Serge Gnabry menit 22. Top skor klub bola Bavaria itu kemudian menambahkan gol keduanya selang satu menit kemudian dan ia menggenapinya menjadi empat gol beberapa menit jelang akhir separuh pertama permainan di Allianz Arena.

Empat gol sepertinya cukup nyaman bagi Thomas Mueller dan kawan-kawan. Mereka mengurangi tempo permainan dan dominasi bola dari tadinya 47 persen saja selama babak pertama menjadi 41 persen pada separuh kedua permainan. Tapi jumlah shots on goal tetap kurang lebih sama, hanya berkurang satu dari empat kali menjadi tiga. Stuttgart berusaha keras membalaskan gol dengan memiliki keunggulan pemain tapi skor 4-0 bertahan sampai akhir.

Dengan perolehan tiga poin ini maka FCB kini menjauh empat poin di atas RB Leipzig setelah tim dari wilayah bekas Jerman Timur itu sempat mendekat pada jarak satu poin saja di bawah sang juara bertahan usai kemenangan 0-1 di Arminia Bielefeld pada Sabtu dinihari.

Dengan tiga golnya ke gawang Stuttgart itu, Lewandowski kini mencatatkan 35 gol sejauh ini di ajang Bundesliga. Jika ditambah lima golnya di kompetisi Liga Champions maka sang striker Polandia sudah memiliki 40 gol semusim. Ia menjadi calon terkuat penerima Sepatu Emas Eropa, setelah gagal meraihnya musim 2019/2020, dikalahkan Ciro Immobile dari Lazio.