Kembali Bermain, Leon Goretzka Berpeluang Kehilangan Posisinya di Bayern Munchen

Leon Goretzka diperkirakan akan kembali membela Bayern Munchen pada pertengahan bulan September. Namun, ia harus hadapi persaingan yang sengit untuk dapatkan kembali posisinya di skuad utama Die Roten.

Gelandang berusia 27 tahun itu dipastikan harus lalui jalan yang berliku dan melelahkan di musim ini, karena persaingan ketat yang harus dijalaninya. Sementara ia bekerja keras memantapkan kembali posisinya setelah pulih dari operasi lutut, Marcel Sabitzer tunjukkan permainan yang solid dan jadi andalan Julian Nagelsmann. Mantan bintang RB Leipzig itu bekerja dengan sangat baik dan menawan dalam kemitraannya dengan Joshua Kimmich di lapangan.

Diungkapkan Bavarian Football Works, Goretzka sudah tak asing lagi dengan masalah lutut. Pada pertengahan bulan Juli, dia jalani operasi lutut di Innsbruck karena kelainan yang dialaminya di lutut kiri. Dokter yang menanganinya memilih untuk mengambil rute invasif secara minimal, yakni dengan lakukan prosedur arthroscopic – di mana prosedurnya kemudian berhasil.

Advertisement
KaikoSlot
KaikoSlot

Goretzka tampak hanya menjadi penonton dalam sesi latihan tim, di mana dari balkon kantor ia menyaksikan rekan-rekan satu timnya bermandikan keringat di lapangan, demikian ungkap Abendzeitung. Namun, pemain kelahiran Bochum itu tak mau menganggur sepanjang hari, dan terlihat mengayuh pedal ergometer dengan keras.

Sementara banyak pihak yang bertanya-tanya apakah Goretzka bisa dapatkan kembali posisinya di starting XI Bayern, Lothar Matthaus malah khawatir tentang kembalinya pemain itu. Ia menegaskan, Goretzka punya pengalaman bangkit dari cedera parah yang kerap membuatnya absen lama.

Matthaus pun memuji penampilan Sabitzer. “Ia sudah memberi kontribusi yang sangat bagus untuk tim sejauh ini, di samping ia juga tunjukkan penampilannya yang meyakinkan,” tambah Matthaus.

Matthaus yakin, Nagelsmann butuh seluruh gelandang dari berbagai tipe pemain yang diperkirakan juga sangat bagus untuk pelatih muda tersebut. Menurutnya, di atas lapangan Goretzka bahkan jauh lebih berbahaya dibandingkan Sabitzer dalam peran box-to-box, hingga Goretzka diyakini bisa comeback dengan sangat kuat.

Goretzka gabung Bayern Munchen pada 1 Juli 2018, di mana kontraknya saat itu yang berdurasi empat tahun dijadwalkan selesai pada bulan Jui 2222. Penampilan pertamanya terjadi di ajang Piala Jerman, saat ia masuk menggantikan Thomas MullerĀ  di menit 64.

Lalu pada 16 September, Goretzka mencetak gol pertamanya untuk Bayern, saat mereka menang 3-0 di kandang VfB Stuttgart. Lalu di tahun berikutnya, tepatnya pada 19 Januari 2019, dia mencetak brace perdananya di Bundesliga, dan mencetak dua gol ke gawang Hoffenheim saat Bayern menang 2-1 – ini menjadi brace perdananya di Bundesliga. Meski demikian, Goretzka mencetak gol bunuh diri – dalam sebuah pertandingan Bundesliga, ketika laga baru berjalan 13 detik dan belum ada pemain lain yang menyentuh bola.

BANDARTOGEL77