Lothar Matthaus: Robert Lewandowski Setara Lionel Messi

Robert Lewandowski, bintang Bayern Munchen.
Robert Lewandowski, bintang Bayern Munchen.

Lothar Matthaus menyamakan striker klub Liga Jerman Bayern Munchen, Robert Lewandowski, dengan Lionel Messi karena sama-sama mempunyai pengaruh besar di timnya masing-masing.

Striker asal Polandia ini digadang-gadangkan akan hijrah ke Real Madrid setelah mengganti agennya, demi mempertajam lini serang Los Blancos.

Apalagi ia telah mencetak 20 gol bagi Bayern di pentas Liga Jerman pada musim ini, dan totalnya sudah lebih dari 100 gol sejak pertama kali menginjakkan kaki di Allianz Arena pada 2014 silam.

Mantan kapten Die Roten Lothar Matthaus pun yakin sosok Robert Lewandowski sangat vital di Bayern Munchen, serupa seperti Lionel Messi di FC Barcelona. “Lewy mampu memberikan perbedaan. Dia tidak tergantikan,” tutur Matthaus pada laman resmi Bundesliga.

“Robert merupakan figur penting di Munchen, sama seperti Messi di Barcelona. Akan tetapi, tiap kali Messi cedera, permainan klub asal Katalunya itu berubah sepenuhnya. Sedangkan Bayern Munchen tidak memiliki masalah seperti itu.”

Advertisement

“Lewandowski adalah pemain kunci, tapi tim tidak dibuat demi dirinya, tidak seperti Real Madrid untuk [Cristiano] Ronaldo atau taktik Paris Saint-Germain untuk Neymar.”

“Lewandowski adalah pemain yang luar biasa. Dia tidak memiliki pengganti yang mampu menjamin kualitas serupa seperti dirinya. Pesepak bola asal Polandia ini striker terbaik di dunia. Bayern tidak akan bisa mendapatkan pemain lain seperti dirinya.”

Robert Lewandowski pernah meminta striker baru jelang pembukaan jendela transfer Januari silam, karena merasa letih tidak memiliki pengganti.

Maka Bayern Munchen pun memboyong Sandro Wagner pada Januari silam, demi memberikan variasi serangan bagi Jupp Heynckes dan waktu istirahat untuk Lewandowski, meski Hans-Karl Rummeningge sempat mendampratnya terlebih dahulu karena mempertanyakan kebijakan transfer klub.