Pertahanan Terlemah di Liga Jerman Hanya Tahan 51 Menit vs Dortmund

Pertahanan Terlemah di Liga Jerman Hanya Tahan 51 Menit vs Dortmund

Werder Bremen yang miliki pertahanan terlemah di Liga Jerman sempat kejutkan Borussia Dortmund dengan menahan skor 0-0 selama 51 menit pada Sabtu (22/2) malam sebelum dijebol juga oleh tim terproduktif kedua di Bundesliga itu.

Borussia Dortmund menurunkan susunan pemain terkuatnya untuk laga Liga Jerman di Weserstadion pada Sabtu (22/2) malam dengan Jadon Sancho dan Erling Haaland masuk starting XI tapi dibuat tertegun oleh perlawanan kuat tuan rumah. Selama 51 menit Werder Bremen berhasil menahan skor imbang kacamata, sebelum bek asal Prancis Dan-Axel Zagadou memecahkan kebuntuan.

Bremen adalah tim dengan pertahanan terlemah di Bundesliga, mencatatkan 51 gol kebobolan dan 25 gol memasukkan selama 22 laga pertama musim 2019/2020 ini. Sementara itu tim tamu BVB adalah tim paling produktif kedua di Liga Jerman dengan 63 gol dan kemasukan 32 gol, sebelum dimulainya kick-off di Weserstadion ini.

Tapi pada laga di Weserstadion pada Sabtu (22/2) malam, Werder Bremen mengejutkan tamunya itu dengan mengambil alih dominasi bola selama menit-menit pertama dan melepaskan dua tembakan on target, selain dua serangan lain yang meleset. Dortmund perlahan mengambil alih penguasaan bola namun gagal mencetak gol selama babak pertama, hanya mampu mencatatkan satu tembakan on target dan satu off target.

Advertisement
NelayanBet
NelayanBet
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Bahkan raja gol Erling Haaland asal Norwegia gagal menghasilkan gol dan berhasil para pemain tuan rumah berhasil mengunci umpan-umpan yang terarah untuknya. Lucien Favre selaku manajer sudah menurunkan susunan pemain terkuatnya dan tidak melakukan rotasi untuk kali ketiga beruntun.

Beruntung Dortmund memiliki bek Prancis berusia 20 tahun. Mantan pemain PSG yang didatangkan tahun 2017 itu mencetak gol yang sangat melegakan para pendukung BVB pada menit 52, sebelum akhirnya Haaland mencetak gol kesembilannya bagi Dortmund di ajang Liga Jerman pada menit 66, gol ke-12 untuk BVB di semua kompetisi. Jika dihitung sumbangsih golnya untuk RB Salzburg musim 2019/2020 ini maka total ia sudah melesakkan 40 gol!

Itulah sebabnya Haaland sangat menakutkan bagi tim-tim lain di 16 besar Liga Champions. Gol sang pemain Norwegia itu berawal dari pergerakan yang dilakukan pemain pinjaman Achraf Hakimi di sisi kanan kotak penalti, sebelum mengirim umpan tarik ke arah Haaland, yang melepaskan serangan dari sudut sempit.

Dalam 10 menit terakhir laga sebenarnya ada dua peluang emas untuk Dortmund. Satu kali melalui Achraf Hakimi dan yang kedua melalui Haaland. Tapi keduanya gagal setelah kiper Jiri Pavlenka melakukan penyelamatan spektakuler. Tidak ada gol lagi.

Kemenangan Dortmund 2-0 atas pertahanan terlemah di Bundesliga ini membawa mereka meraih 45 poin dan melampaui RB Leipzig serta Borussia Moenchengladbach yang sama-sama meraih poin sama. Gladbach menang 1-0 atas Hoffenheim pada waktu yang sama, Sabtu malam, sedangkan Leipzig baru akan bertanding Minggu ke kandang Schalke 04. Anak-anak Lucien Favre akan menghadapi PSG untuk leg kedua di Paris pada 12 Maret mendatang.