Sepuluh Transfer Termahal Bundesliga ke Inggris Erling Haaland Cuma Nomor Tujuh, Ini Daftarnya

Erling Haaland akan gabung Manchester City akhir musim ini usai jawara Liga Premier itu memicu klausul pelepasannya di Borussia Dortmund pekan ini.

Gila Bola – Kepindahan Haaland ke Man City dipandang sebagian orang sebagai transfer yang murah, dengan klausul pelepasan dalam kontraknya membuat ia memiliki biaya transfer yang jauh lebih rendah dari perkiraan.

Bintang Norwegia itu akan pindah ke City pada akhir musim ini, setelah ia membela Dortmund selama dua tahun. Namun, sementara dana sebesar 51,1 Juta Pounds (setara dengan Rp 913 Miliar) yang dibayarkan City kepada BVB tampaknya sudah alami pemotongan, itu membuat Haaland masuk dalam daftar 10 rekrutan Bundesliga yang paling mahal dalam sejarah Liga Premier.

Daftar tersebut dipimpin mantan rekan satu tim Erling Haaland, Jadon Sancho, yang pindah ke Manchester United tahun lalu – juga dari Dortmund, dengan transfer sebesar 73 Juta Pounds atau sebesar Rp 1,3 Triliun. Kesepakatan itu akhirnya menutup berbagai spekulasi transfer pemain itu, setelah upaya United datangkan Sancho ditolak Die Borussen pada tahun 2020.

Nilai transfer Sancho ke Old Trafford membuat ia langsung menempati urutan teratas daftar transfer paling mahal pemain Bundesliga ke Liga Premier. Meski demikian, Sancho harus berjuang keras tunjukkan kebolehannya bersama Setan Merah, di mana ia hanya berhasil mencetak lima gol dan tiga assist di semua kompetisi musim ini.

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT

Berada di bawah Sancho adalah Kai Havertz, yang pindah ke Chelsea dari Bayer Leverkusen dengan ongkos 71 Juta Pounds atau setara dengan Rp 1,26 Triliun pada bulan September 2020. Selama beberapa lama ia menjadi pemain luar termahal dalam sejarah klub tersebut, sebelum Romelu Lukaku didatangkan The Blues pada musim panas lalu.

Awal karirnya di Inggris harus dilakoni Havertz dengan penuh kesulitan, karena ia harus berjuang keras dalam beradaptasi dengan Liga Premier. Namun, sekarang Havertz sudah lebih berkembang dan mencetak gol-gol penting untuk tim London Barat, termasuk gol penentu kemenangan dalam final Liga Champions musim lalu.

Chelsea sangat menonjol dalam daftar 10 pemain tersebut, karena berikutnya ada Christian Pulisic yang didatangkan The Blues dengan transfer sebesar 58 Juta Pounds atau setara dengan Rp 1,04 Triliun pada tahun 2019 – yang juga menjadikannya sebagai pemain asal Amerika Utara termahal sepanjang waktu.

Pulisic juga didatangkan The Blues dari klub Erling Haaland saat ini, Borussia Dortmund – klub yang mendapat paling banyak ‘mengambil keuntungan’ dari Liga Premier dibandingkan klub-klub lain. Tim ‘The Black and Yellow’ itu juga kantongi 56 Juta Pounds atau setara dengan Rp 1 Triliun saat Arsenal membajak Pierre-Emerick Aubameyang pada tahun 2018, yang membuatnya berada di urutan ke empat dalam daftar tersebut.

Di belakang Aubameyang adalah Kevin de Bruyne, yang didatangkan Manchester City pada tahun 2015 dengan ongkos 55 Juta Pounds atau setara dengan Rp 983 Miliar. Lalu ada Naby Keita, yang direkrut Liverpool dari RB Leipzig dengan transfer senilai 52,75 Juta Pounds atau sekitar Rp 943 Miliar.

Erling Haaland sendiri berada di belakang Keita, dan akan bergabung dengan De Bruyne di Etihad Stadium setelah musim ini berakhir. Bintang asal Norwegia itu akan menelan dana 2 Juta Pounds (atau sekitar Rp 36 Miliar) lebih murah dibandingkan Keita dengan City mengaktifkan klausul pelepasannya.

Timo Werner berada di urutan ke sembilan, saat ia tinggalkan Leipzig dan pindah ke Chelsea dengan transfer sebesar 47,5 Juta Pounds atau sebesar Rp 849 Miliar. Sejauh ini, kesepakatan itu tak bekerja sesuai harapan, karena Werner masih kesulitan merumput di kompetisi sepak bola teratas Inggris.

Klausul pelepasan Werner memastikan bahwa ia hanya menelan dana 1 Juta Pounds atau sekitar Rp 18 Miliar lebih mahal dibandingkan pemain di urutan ke sembilan dalam daftar tersebut. Pemain itu adalah Leroy Sane, yang didatangkan City dari Schalke dengan total transfer senilai 46,6 Juta Pounds atau sekitar Rp 833 Miliar pada tahun 2016.

City kemudian menjual Sane dengan besaran transfer awal senilai 38 Juta Pounds (Rp 679 Miliar) empat tahun kemudian, di mana winger muda tersebut akhirnya kembali ke Bundesliga dan bergabung dengan Bayern Munchen. Lalu, Sebastian Haller berada di urutan nomor 10, juga dijual setelah Wet Ham mendatangkannya dengan transfer sebesar 45 Juta Pounds atau setara dengan Rp 804 Miliar dari Eintracht Frankfurt. Striker itu diketahui hanya merumput dua tahun di Liga Premier.

Sepuluh pemain Bundesliga termahal yang didatangkan Liga Premier, seperti yang dilansir Mirror adalah:

1. Jadon Sancho, Borussia Dortmund ke Manchester United – Rp 1,3 Triliun

2. Kai Havertz, Bayer Leverkusen ke Chelsea – Rp 1,26 Triliun

3. Christian Pulisic, Borussia Dortmund to Chelsea – Rp 1,04 Triliun

4. Pierre-Emerick Aubameyang, Borussia Dortmund ke Arsenal – Rp 1 Triliun

5. Kevin de Bruyne, Wolfsburg ke Manchester City – Rp 983 Miliar

6. Naby Keita, RB Leipzig ke Liverpool – Rp 943 Miliar

7. Erling Haaland, Borussia Dortmund ke Manchester City – Rp 913 Miliar

8. Timo Werner, RB Leipzig ke Chelsea – Rp 849 Miliar

9. Leroy Sane, Schalke ke Manchester City – Rp 833 Miliar

10. Sebastian Haller, Eintracht Frankfurt ke West Ham – Rp 804 Miliar

BANDARTOGEL77
IBOSport
MACAUBET

Klasemen Bundesliga

SebelumnyaPrediksi Euro 2020: Bakal Ada Juara Baru, Tapi Bukan Perancis
SelanjutnyaTawaran FINAL Man Utd Untuk De Jong, Siap Jadikan Dia Pemain Bayaran Tertinggi di Inggris!