Siapa Mau Erling Haaland? Siapkan Paket Gaji Senilai 1,5 Trilyun Selama Lima Tahun!

Gila Bola – Real Madrid, Barcelona, Chelsea, Manchester United, hingga Manchester City semuanya dikabarkan sangat menginginkan Erling Haaland, tetapi striker Borussia Dortmund itu terbukti mahal, dan biaya transfernya mungkin bisa mencapai hampir Rp 2 Trilyun rupiah musim panas ini.

Tapi tidak hanya soal biaya transfer, klub yang menginginkan Erling Haaland juga harus siap mengeluarkan biaya besar untuk paket gaji senilai Rp 1,53 Trilyun rupiah dalam kontrak yang berdurasi lima tahun, yang berarti gaji senilai Rp 5,9 Milyar per pekan.

Bomber Norwegia semakin bersinar sejak bergabung ke Borussia Dortmund, dan di musim ini dia sudah mencetak 17 gol dan 4 assist dari 17 penampilan di Bundesliga, serta 27 gol dan 7 assist di semua kompetisi untuk Die Borussen, termasuk 8 gol di Liga Champions yang membuatnya memimpin daftar top skor.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Harganya semakin melambung sepekan terakhir ini usai dia mencetak dua gol dan satu assist untuk membawa BVB memetik kemenangan 3-2 atas tuan rumah Sevilla di babak 16 besar Liga Champions, sebelum menambah dua gol lain yang sangat berkelas ke gawang Schalke dalam kemenangan 4-0 dalam revierderby di Veltins-Arena.

Manchester United, Manchester City, Chelsea, dan Real Madrid semuanya sedang memburu penyerang berusia 20 tahun itu, sementara calon presiden Barcelona Joan Laporta mengisyaratkan bahwa pihaknya akan siap mendatangkan Erling Haaland jika dirinya terpilih menjabat kembali di Camp Nou.

Klausul rilis mantan striker Molde dan RB Salzburg itu senilai Rp 1,28 Trilyun tapi baru aktif pada musim panas 2022 mendatang. Sementara banyak klub yang ingin mendapatkan jasanya lebih cepat pada musim panas tahun ini, mereka mungkin membutuhkan biaya besar mencapai hampir Rp 2 Trilyun untuk meyakinkan BVB melepas bomber mereka.

Tapi selain harga mahal untuk biaya transfer, agen sang pemain Mino Raiola juga memastikan bahwa klub peminat harus siap membayar paket gaji yang mahal untuk Erling Haaland yang mencapai Rp 5,9 Milyar per pekan, atau total Rp 1,53 Trilyun selama lima tahun dalam kontraknya.

Hanya ada beberapa klub yang mungkin akan sanggup memenuhi tuntutan gaji Erling Haaland tersebut. Misalnya Manchester United yang bisa menjadikan mantan anak asuh Ole Gunnar Solskjaer sebagai pemilik gaji tertinggi kedua setelah David de Gea (Rp 7,4 Milyar per pekan).

Manchester City juga bisa memenuhi batas gaji itu karena mereka membayar Kevin de Bruyne Rp 6,9 Milyar per pekan dan Raheem Sterling Rp 5,9 Milyar per pekan. Tapi tuntutan gaji Erling Haaland akan di luar jangkauan Chelsea yang membatasi paket gaji, dengan pemilik bayaran tertinggi saja hanya Ben Chilwell senilai Rp 3,7 Milyar per pekan. Meski sumber lain ada yang mengatakan pemilik gaji tertinggi adalah N’golo Kante.

Barcelona mungkin akan memiliki kelonggaran pada neraca gaji jika melepas Lionel Messi yang berpendapatan mencapai Rp 1,2 Trilyun per tahun, tapi neraca keuangan mereka akan sulit membayar biaya transfernya. Real Madrid juga diragukan punya uang dengan mereka saat ini memotong gaji pemain mereka sebesar 10 persen sementara mereka habis uang banyak untuk membayar renovasi stadion Santiago Bernabeu.