12 Fakta Final Liga Champions Yang Wajib Anda Ketahui

12 Fakta Final Liga Champions Yang Wajib Anda Ketahui

Gilabola.com – Trofi Liga Champions 2018/2019 sudah pasti akan menuju ke Inggris, Tottenham Hotspurs dan Liverpool berjuang untuk menjadi raja sepakbola klub Eropa. Pertarungan akan berlangsung dini hari nanti di Estadio Metropolitano, yang merupakan rumah bagi Atletico Madrid.

Liverpool akan berjuang untuk memenangkan babak final Liga Champions demi gelar keenam mereka. Terakhir mereka menang adalah pada malam yang tak terlupakan pada tahun 2005, ketika mereka kembali dari ketinggalan 3-0 untuk mengalahkan AC Milan melalui babak adu penalti. Mereka telah muncul di dua final UCL tetapi kalah pada 2007 dari AC Milan, dan pada 2018 kalah oleh Real Madrid.

Tottenham Hotspurs kali ini ikut ambil bagian dalam pertarungan sengit di babak final Liga Champions untuk pertama kalinya.

Kedua tim mencapai babak final setelah pertandingan semi-final yang super ajaib: Liverpool berhasil membalikkan kekalahan 3-0 di leg pertama melawan FC Barcelona dan menang 4-0 di leg kedua, sedangkan Tottenham Hotspurs juga mencatatkan comeback yang tak kalah dahsyatnya, termasuk gol menit terakhir, untuk mengalahkan Ajax Amsterdam. Mereka kalah di leg pertama dengan skor 1-0, dan kalah 2-0 di paruh pertama leg kedua, tetapi Lucas Moura hanya membutuhkan empat puluh lima menit kedua untuk membalikkan keadaan, mencetak hat-trick untuk menyegel tempat di final Liga Champions, dan akhirnua terwujudlah All England Final!

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Ada beberapa fakta yang tak terlupakan yang wajib anda ketahui tentang final Liga Champions UEFA:

  1. Ini akan menjadi Final Liga Champions UEFA ke 26 sejak kompetisi dirubah dari Piala Eropa pada tahun 1992.
  2. Final Liga Champions UEFA adalah acara olahraga tahunan yang paling banyak ditonton di dunia. Final 2013 yang menampilkan Borussia Dortmund dan Bayern Munchen di Wembley, Inggris ditayangkan di lebih oleh 200 negara dengan 360 juta pemirsa TV, yang termasuk rekor 23,78 juta pemirsa di Jerman. Dahsyat!
  3. Sebanyak 22 klub telah memenangkan Liga Champions / Piala Eropa. Jika Tottenham Hotspurs menang malam ini, mereka akan menjadi nama ke 23 di trofi Liga Champions. Real Madrid adalah pemenang terbanyak, memenangkan kompetisi 13 kali, termasuk kompetisi perdana.
  4. Ini adalah final ketujuh sejak tahun 2000 yang melibatkan dua klub dari negara yang sama. Real Madrid menang atas semua lawan Spanyol pada tahun 2000 melawan Valencia, 2014 dan 2016 keduanya melawan Atletico Madrid sementara AC Milan mengalahkan sesama klub Italia Juventus melalui adu penalti pada tahun 2003 dan Bayern München mengalahkan Borussia Dortmund pada final All-Jerman 2013.
  5. Ini adalah final yang seluruhnya merupakan tim Inggris kedua kalinya, yang pertama pada 2008 antara Manchester United dan Chelsea.
  6. Cristiano Ronaldo tetap menjadi pemain pertama yang mencetak gol di tiga final UCL – pada 2008 untuk Manchester United, dan pada 2014 dan 2017 untuk Real Madrid. Dia juga satu-satunya pemain yang mencetak dua final UCL berbeda dengan dua tim berbeda.
  7. Clarence Seedorf adalah satu-satunya pemain yang memenangkan trofi dengan tiga klub berbeda – Ajax (1995), Real Madrid (1998), dan Milan (2003 dan 2007).
  8. Gol tercepat di final Liga Champions UEFA dicetak dalam 51 detik oleh Paolo Maldini pada 2005.
  9. Tidak ada pemain yang pernah mencetak hat-trick (tiga gol) di final Liga Champions UEFA. Sejauh ini yang tertinggi tetap dua gol dari seorang pemain, dan sejauh ini, mereka adalah Daniele Massaro, Karl-Heinz Riedle, Hernán Crespo, Filippo Inzaghi, Diego Milito dan Cristiano Ronaldo.
  10. Tottenham sekarang adalah klub Inggris kedelapan yang tampil di final, lebih dari negara lain; Italia dan Jerman berada di urutan berikutnya dengan masing-masing enam.
  11. Secara total Tottenham dan Liverpool telah bertemu 170 kali di semua kompetisi, The Reds memenangkan 79, Spurs 48 dan 43 kali seri.
  12. Tim mana pun yang menang tiga kali berturut-turut atau lima tahun secara keseluruhan berhak untuk mempertahankan replika ukuran penuh. Penghargaan ini sejauh ini diraih oleh enam klub – Real Madrid, AC Milan, Liverpool, Ajax, Bayern Munich, dan Barcelona. Trofi ini memiliki berat 7,5 kg.