Atalanta Kalah 3 Kali, Selisih Minus 4, Kebobolan 12 Gol Tapi Lolos

Atalanta Kalah 3 Kali, Selisih Minus 4, Kebobolan 12 Gol Tapi Lolos

Perkenalkan Atalanta, tim kejutan yang kalah tiga kali, selisih gol minus empat dan kebobolan 12 gol tapi lolos ke babak 16 besar Liga Champions!

Ini merupakan berita kejutan pada matchday keenam hari kedua. Laga Grup C Atalanta di kandang Shakhtar Donetsk dan pertandingan Dinamo Zagreb vs Manchester City dimulai bersamaan. Saat kick-off dimulai tak ada yang menyangka Atalanta akan lolos. Shakhtar Donetsk yang saat itu duduk di urutan kedua lebih dijagokan lolos karena Dinamo berhadapan dengan tim kuat anak-anak Pep Guardiola.

Namun gol pertama Atalanta oleh Timothy Castagne pada menit 68 terbukti menjadi gol yang meruntuhkan moral Shakhtar. Pada saat itu pada laga terpisah di Kroasia, Dinamo sudah tertinggal 1-3 oleh tiga gol Gabriel Jesus sehingga para pemain La Dea rupanya terpacu semangatnya untuk menang dan lolos. Gol pertama segera disusul gol kedua oleh Mario Pasalic, tiga menit setelah pemain tuan rumah Dodo dikartumerah wasit pada menit 77. Dan masa injury time masdih dimanfaatkan untuk meraih gol ketiga dari Robin Gosens.

Kemenangan 3-0 dari klub bernama lengkap Atalanta Bergamasca Calcio tersebut, bersama dengan kemenangan Man City 4-1 di kandang Dinamo, membawa tim berkandang di Lombardy itu lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Ini Debut Atalanta di Liga Champions dan Lolos 16 Besar!

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Kesempatan ini sangat langka bagi La Dea. Mereka finish di urutan ketiga klasemen Serie A musim lalu dan lolos untuk pertama kalinya dalam sejarah ke kompetisi elit Eropa musim ini. Tapi Atalanta memulai laga-laga di Liga Champions dengan sangat buruk, kalah tiga kali pada tiga laga perdananya:

  • 4-0 di kandang Dinamo Zagreb pada 19 September
  • 1-2 saat menjamu Shakhtar Donetsk, 1 Oktober
  • 5-1 oleh Manchester City, 23 Oktober

Setelah itu barulah nasib mereka sedikit membaik dengan main 1-1 saat menjamu Manchester City dan kemudian menang 2-0 atas Dinamo Zagreb, sebelum malam ini menang lagi 3-0 di kandang Shakhtar.

Dengan semua hasil itu Man City sudah sejak matchday kelima memastikan diri lolos, disusul dengan Atalanta pada posisi kedua klasemen Grup C dengan perolehan 7 poin. Apa yang menakjubkan adalah data kalah menang La Dea. Klub Italia yang saat ini menduduki posisi keenam klasemen Serie A itu hanya menang dua kali (tadi malam 3-0 atas Shakhtar dan 2-0 atas Dinamo, draw satu kali 1-1 lawan The Skyblues, dan kalah tiga kali yang terjadi pada tiga laga perdana di Eropa.

Selisih gol Atalanta juga “sangat mengesankan” karena hanya memasukkan delapan gol serta kebobolan 12 gol, selisih gol minus empat! Tapi mereka kini sudah menjadi salah satu peserta 16 besar Liga Champions. Duit besar akan masuk ke rekening klub, bisa buat beli Harley.