Balas Dendam Ronaldo ke Real Madrid Bisa Terjadi di 16 Besar

Balas Dendam Ronaldo ke Real Madrid Bisa Terjadi di 16 Besar

Balas dendam Ronaldo ke Real Madrid bisa terjadi di 16 besar Liga Champions dengan Los Blancos menjadi salah satu calon lawan Juventus.

Kita tahu bahwa Ronaldo diperlakukan secara hina di Real Madrid pada dua musim terakhirnya di Santiago Bernabeu. Permintaan naik gaji tak kunjung dikabulkan oleh presiden Florentino Perez. Ronaldo mengejutkan seluruh dunia dengan transfer ke Juventus sejak dua musim terakhir.

Los Blancos sudah membalas dendam perlakuan bintang Portugal itu dengan kabar burung mengatakan Perez berhasil memaksa France Football menganulir gelar Ballon d’Or tersebut pada musim silam serta memberikannya bagi Luka Modric. Tapi kini Ronaldo punya peluang terbaik untuk balas dendam lagi dengan Juventus selaku juara Grup D berpeluang menjumpai Real Madrid yang menduduki posisi kedua Grup A pada babak 16 besar Liga Champions.

Aturan-aturan drawing babak 16 besar yang digariskan oleh UEFA adalah sebagai berikut yang berdampak pada calon lawan Juventus pada babak 16 besar:

  • Sebuah tim tak bisa bertemu dengan mantan timnya dari grup penyisihan atau dari asosiasi yang sama. Itu berarti Juventus tak mungkin bertemu Atletico Madrid atau Bayer Leverkusen (belum jelas mana yang akan lolos sebagai nomor dua grup) karena sama-sama Grup D. Itu juga berarti La Vecchia Signora tak mungkin bertarung melawan sesama Serie A lainnya jika lolos sebagai runner-up grupnya masing-masing, entah Atalanta (Grup C), Napoli (Grup D) maupun Inter Milan (Grup E). Ini semakin memperbesar peluang Bianconeri bertemu skuad Zinedine Zidane.
  • Juara grup diatur untuk bertemu dengan runner-up grup dengan Pot keduanya terpisah pada drawing 16 besar tanggal 16 Desember mendatang.
  • Klub unggulan (dalam hal ini Juventus) akan tandang lebih dulu sebelum menjamu lawannya pada leg kedua.

Menebak Calon Lawan Juventus Lebih Sulit

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Menebak runner-up grup yang akan dijumpai Juventus jauh lebih sulit daripada memprediksi calon lawan juara grup yang akan dijumpai Real Madrid. Ini karena posisi kedua masih sangat mungkin diperebutkan di sejumlah grup. Untuk mengintip calon lawan Los Blancos di 16 besar klik di sini.

Grup A dan Grup B sudah pasti meloloskan PSG dan Real Madrid serta Bayern Munchen dan Tottenham sebagai wakilnya masing-masing. Di Grup C posisi kedua masih terbuka bagi Shakhtar Donetsk, Dinamo Zagreb dan Atalanta (tidak mungkin karena sesama Serie A). Grup E tiga urutan teratas masih bisa terputar balik karena Liverpool akan menghadapi lawan sulit RB Salzburg pada matchday keenam. Napoli mengincar posisi puncak klasemen dengan laga lawan tim termudah, Genk.

Inter Milan (yang tak mungkin jadi lawan Juventus) dan Borussia Dortmund berebut posisi kedua Grup F. Empat tim masih mungkin memaksakan perubahan pada Grup G sampai laga terakhir grup. Demikian juga pada Grup H, Ajax Amsterdam, Chelsea dan Valencia masih bisa bertukar posisi.

Siapa Sajakah Lawan Juventus di Masa Lalu?

  • Musim lalu (2018/2019) Bianconeri bertemu Atletico Madrid di babak 16 besar dan berhasil menang agregat 3-2 sebelum disingkirkan Ajax pada babak perempat final dengan skor agregat 3-2 juga.
  • Dua musim silam (2017/2018) Juventus dihadang Tottenham Hotspur pada 16 besar dan sempat dibuat berdebar dengan skor 2-2 pada leg pertama sebelum menang 2-1 pada leg kedua. Namun mereka kemudian dihabisi oleh Los Blancos dengan skor agregat 3-4 pada babak perempat final.
  • Tiga musim lalu (2016/2017) adalah musim terbaik Si Nyonya Tua, melewati hadangan FC Porto di babak 16 besar dan setelah itu berturut-turut Barcelona serta AS Monaco sebelum kalah 4-1 di final. Oleh siapa? Oleh Real Madrid.
  • Empat musim lewat (2015/2016) dijumpai oleh Bayern Munchen pada 16 besar dan tersingkir lewat skor agregat 4-6.