Barcelona Bersatu Pulihkan Pemain Ini dari Depresi Usai Kalah Lawan PSG

Gila Bola – Barcelona saat ini tengah ramai-ramai membantu Sergino Dest pulihkan kepercayaan dirinya usai tim Catalan itu alami kekalahan dari PSG.

Tak adil rasanya bila menyalahkan satu pemain saja dalam kekalahan menyakitkan yang dialami Barca dari PSG. Apalagi, permainan tim secara keseluruhan memang buruk, sementara Dest – masih berusia 20 tahun dan baru saja gabung dengan Blaugrana.

Meski demikian kenyataannya, Dest-lah yang ditugaskan Ronald Koeman dan dia harus berurusan dengan Kylian Mbappe yang sukses mencetak hattrick. Tak heran jika mantan pemain Ajax itu jadi sorotan.

Advertisement
K9Win
K9Win

Hal yang sebenarnya adalah, pemain internasional Amerika Serikat merupakan pemain terbaik kedua setelah Mbappe, yang berhasil permalukan Barcelona lewat tiga golnya dalam kemenangan 1-4 PSG saat itu.

Saat Barca sudah tertinggal 1-3, Koeman kemudian menarik mundur Dest dan turunkan Oscar Mingueza. Saat itu, Dest terlihat sangat terpukul. Ia tinggalkan lapangan dengan kepala tertunduk, dan jelas terlihat bahwa laga itu telah menjadi malam terburuk dalam karirnya di sepak bola.

Dest dan Koeman

Koeman yang kemudian ditanya wartawan mengenai hal itu dalam jumpa pers, meminta semua pihak bersabar, dan yang paling penting, tetap tenang menghadapi pemain yang mendapat kepercayaan besar darinya tersebut.

“Barangkali fakta bahwa dia absen selama beberapa waktu terakhir ini (akibat cedera) telah berdampak besar baginya. Secara fisik, dia baik-baik saja, dia masih 20 tahun dan harus belajar agar lebih agresif dan bisa lebih berkonsentrasi dalam bertanding,” tandas pelatih Barcelona asal Belanda itu.

“Dia alami terlalu banyak tahap permainan di mana dia tak bisa fokus. Tapi, dia masih muda, dan itu bagus karena dia bisa belajar. Tantangan besar bermain untuk Barca, dia butuh waktu, dan pada akhirnya, hal itu akan tergantung padanya,” tambah Koeman, seperti dilansir Sport.

Dest kemudian tetap dimainkan Koeman sebagai starter saat Barca menjamu Cadiz pada akhir pekan kemarin. Dia cukup aktif dalam membantu serangan dan bermain padu dengan Ousmane Dembele.

Koeman pun mengaku dia berusaha membangun kepercayaan diri pemainnya itu, dan dia telah tunjukkan karakter permainannya. Di samping itu, Koeman juga sangat menghargai bagaimana rekan-rekan Dest di Barcelona ikut membantu dan terus mendorongnya tampil lebih baik, terutama Marc-Andre ter Stegen – yang secara menakjubkan terus membantunya di sepanjang pertandingan, mengarahkan dan mengoreksi kesalahan di lini belakang, begitu juga dengan Gerard Pique.

Dest terus mendapat dorongan dan kata-kata membangun, demi menghilangkan depresi dan perasaan tertekannya usai ia tampil buruk di laga melawan PSG. Singkat cerita, skuad Blaugrana benar-benar memberinya ‘cinta’ yang dia butuhkan untuk mengatasi masa-masa sulit dalam karirnya.

Di laga melawan Cadiz, bek Timnas AS itu tampak bermain cukup bagus, walau laga berakhir imbang 1-1. Dest dimainkan Koeman selama 80 menit dan tak terkalahkan di lini belakang, di mana ia berhasil menyelesaikan 88 persen operannya dan beberapa kali berhasil masuk ke area penalti lawan untuk membantu lini serang Barca hadapi tim promosi yang pernah mengalahkan mereka di paruh pertama itu.