Barcelona Kesulitan di Laga Tandang Liga Champions

Barcelona Kesulitan di Laga Tandang Liga Champions

Gilabola.com – Barcelona yang kerap kesulitan dalam laga-laga tandang di Liga Champions akan berlaga di markas Napoli di leg pertama babak 16 besar Liga Champions tengah pekan ini.

Walau bertekad bukukan hasil yang bagus dan mencetak gol tandang sebelum lakoni leg kedua di Camp Nou, namun Barca tercatat kerapkali kesulitan dalam rentetan laga tandang mereka di kompetisi bergengsi klub-klub papan atas Eropa tersebut.

Kurangnya gol tandang mereka di ajang Liga Champions tercatat telah merugikan raksasa Catalan tersebut dalam beberapa tahun terakhir. Sang megabintang, Lionel Messi, tahu betul hal itu.

“Untuk memenangkan Liga Champions, Anda harus mencetak gol tandang,” tandas Messi kepada Sport dalam sebuah wawancara beberapa bulan lalu, seperti dilansir Marca.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

“Sangat penting untuk mencetak gol tandang di setiap pertandingan. Ini kebutuhan yang sangat mendasar. Ketika kami memenangkan Liga Champions, (kami mencetak gol tandang) di setiap pertandingannya,” tambah bintang Barcelona berusia 32 tahun itu dalam wawancara tersebut.

“Saya pikir, saya ingat kami mencetak gol di semua pertandingan tandang kami. Selain lebih baik dibandingkan klub lain, kami juga selalu mencetak gol. Jika Anda tidak mencetak gol sebagai tim tandang, itu akan menyulitkan. Saya tahu sekarang karena itu sudah jelas, tapi pertandingan (di Anfield musim lalu) lebih lekat dalam ingatan saya,” tandas Messi.

Sejak memenangkan Liga Champions pada 2015 lalu, Barca gagal mencetak gol tandang dalam laga babak knockout apapun yang mereka capai, masing-masing di laga melawan Atletico Madrid, Juventus, AS Roma dan Liverpool.

Total skor dari empat pertandingan tandang itu bahkan mencapai 12-0 atas mereka. Blaugrana hanya berhasil mencetak empat gol tandang secara keseluruhan di fase gugur sejak 2015 atau, tepatnya, tiga karena gol bunuh diri Luke Shaw di Old Trafford musim lalu.

Tiga gol Barca lainnya dicetak Messi, dan tak ada pemain Blaugrana lainnya yang berhasil bukukan gol di gawang lawan. Masalahnya jelas, hal serupa juga terjadi di La Liga, di mana skuad Quique Setien itu kehilangan 18 poin di kandang lawan musim ini.

Tandang Barca ke Napoli, Rabu (26/2) pekan ini, pastinya juga tidak akan mudah. Terlebih lagi, klub Serie A tersebut sudah membaik sejak Gennaro Gattuso menggantikan Carlo Ancelotti di ruang ganti.

Barcelona akan memiliki opsi sangat sedikit di lini depan mereka, karena Martin Braithwaite yang tidak terdaftar untuk bermain di Liga Champions. Kabar baiknya, Messi dan rekan-rekan satu timnya tampak telah menemukan ritme permainan gemilang mereka, setelah menang telak 5-0 atas Eibar pada akhir pekan lalu. Dorongan moral ini tentunya bisa menjadi kunci di Naples pada Rabu (26/2) dinihari WIB.