Barcelona Lesu Ketemu Manchester United di Delapan Besar Liga Champions

Barcelona lesu mengetahui mereka menghadapi tim yang sedang bangkit, Manchester United, pada hasil drawing Liga Champions babak perempat final yang baru saja usai, Jumat (15/3) sore.

Barcelona akan bertindak sebagai tuan rumah untuk leg pertama, sebelum tandang ke Old Trafford untuk laga leg kedua pada bulan April 2019 mendatang.

Barca adalah tim kedua terbaik dunia dalam daftar UEFA yang berada di perempat final. Mereka sama sekali belum pernah kalah, menang lima kali dan drawi tiga kali untuk sampai ke tahap delapan besar ini. Pada saat penyisihan grup mereka menang besar 4-0 atas PSV Eindhoven serta menang 4-2 atas Tottenham Hotspur, mengambil 14 poin dari kemungkinan total 18 pada tahap itu.

Advertisement
advertisement
advertisement

Barcelona kemudian secara mengejutkan ditahan imbang Porto dengan skor 0-0 pada leg pertama, sebelum menang 5-1 pada leg kedua. Lionel Messi sekali lagi membuktikan diri menjadi penyelamat Blaugrana setelah menyumbangkan dua gol dan dua assist pada laga leg kedua melawan Porto di Camp Nou, dua hari lalu.

Barcelona pernah lima kali menjadi juara di kancah Eropa (1992, 2006, 2009, 2011, 2015) tapi tidak pernah melaju lebih jauh dari perempat final sejak tahun 2015. Top skor mereka, Messi, yang mengantongi delapan gol musim ini, berkeinginan membawa timnya melaju lebih jauh dari babak delapan besar, usai mereka disingkirkan oleh AS Roma musim lalu dengan skor agregat 4-4. Giallorossi lolos karena mencetak satu gol di Camp Nou dengan skor 4-1, sebelum melesakkan tiga gol tanpa balas pada leg kedua di Olimpico.

Sementara itu, menduduki urutan 16 dari daftar tim terbaik UEFA, Manchester United sudah menang empat kali, seri sekali dan kalah tiga kali. Prestasi terbaik skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer adalah saat bangkit dari kekalahan 0-2 dari leg pertama melawan PSG untuk kemudian lolos berkat gol tandang 3-1 di leg kedua. Ini mengingatkan kembali kebangkitan Barcelona 5-1 usai leg pertama 0-4 dua tahun silam melawan, siapa lagi kalau bukan, PSG.

Setan Merah menang tiga, draw satu dan kalah dua kali pada tahap penyisihan grup. Kedua kekalahan terjadi melawan Juventus dan kemudian Valencia. Top skor tim sampai sejauh ini ada tiga orang, yaitu Romelu Lukaku, Paul Pogba dan Marcus Rashford, masing-masing dengan dua gol.

Manchester United pernah menjuarai Piala Eropa sebanyak tiga kali (1968, 1999, 2008) tapi mereka terlihat sebagai tim yang kalah pada sepanjang paruh pertama musim di bawah Jose Mourinho, tertinggal 19 poin dari puncak klasemen Premier League. Kini mereka mengincar posisi empat besar di klasemen liga domestik, selain lolos ke delapan besar FA Cup dan kini juga di perempat final Liga Champions.