Barcelona Lolos Sebagai Juara Grup! Bertemu Lawan Terlemah di Matchday Terakhir

Gilabola.com – Barcelona dipastikan lolos ke tahap 16 besar sebagai juara Grup H setelah menang 2-1 atas FC Porto, tadi malam. Ketiga gol melibatkan pemain Portugal. Pepe sebagai pencetak gol tim tamu, Joao Cancelo yang mencatatkan gol pertama Blaugrana dan Joao Felix gol kedua tuan rumah.

Xavi dan anak buahnya juga akan merasa sangat lega dijadwalkan bertemu tim paling lemah di Grup H pada matchday terakhir, Royal Antwerp. Jumlah nilai mereka saat ini 12 dan diprediksi akan meningkat menjadi 15 poin usai matchday keenam.

Kekalahan FC Porto 2-1 pada Rabu dinihari (29/11) mengancam posisi tim Portugal itu karena ada tim ketiga di bawah mereka Shakhtar Donetsk dengan nilai sama banyaknya 9, mengincar kelolosan ke tahap 16 besar.

Ketiga Gol Dilesakkan Oleh Pemain Portugal

Bekas bek tengah Real Madrid Pepe mencetak gol bagi tim masa remajanya itu pada menit ke-30 babak pertama, sebelum sesama pemain Portugal lainnya Joao Cancelo membalaskan gol itu selang beberapa puluh detik kemudian.

Saat pertandingan memasuki awal babak kedua, Joao Felix dengan bantuan Joao Cancelo mencetak gol kedua timnya yang memberi mereka total 12 poin di puncak klasemen.

Kedua tim memiliki 18 dan 11 kali percobaan gol masing-masing selama 90 menit. Enam serangan tepat sasaran dari pihak tuan rumah, empat dari tim tamu.

Pertengahan Desember 2023 mendatang akan dilangsungkan matchday keenam yang sudah tidak banyak artinya bagi Blaugrana, namun menjadi laga hidup-mati bagi Dragões dan Shakhtar Donetsk.

Bayang-bayang Kegagalan Dua Musim Terakhir Hantui Barcelona

Dengan klub yang gagal memiliki satu poin pun Royal Antwerp sudah menunggu di hari terakhir penyisihan grup, maka sepertinya Blaugrana akan lolos ke tahap selanjutnya dengan tambahan tiga poin, dan nilai total 15 setelah enam pekan.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Namun Xavi dan anak buahnya akan terkenang dengan kegagalan dua musim terakhir, saat menduduki urutan ketiga grup Liga Champions pada musim 2021/22 dan 2022/23.

Turun pangkat ke Liga Europa dua musim silam mereka jalani, mengalahkan Napoli pada babak play-off dengan agregat 5-3, kemudian menang agregat 2-1 atas Galatasaray pada 16 besar kompetisi itu, sebelum dihentikan oleh Eintracht Frankfurt pada perempat final.

Nasib Blaugrana pada musim kemarin lebih buruk karena setelah turun kasta usai finish pada posisi ketiga grup UCL, mereka dikalahkan Manchester United 3-4 pada tahap play-off, menyebabkan langkah tim di Eropa terhenti.

Joao Felix Bekas Pemain FC Porto

Joao Felix lebih terkenal sebagai pemain Benfica sebelum Atletico Madrid memanggilnya pada tahun 2019. Tetapi ia sebenarnya pernah membela jersey FC Porto saat usianya 9 tahun sampai 16 tahun.

Dilahirkan November 1999, Felix bermain satu tahun di Os Pestinhas, sebelum pindah ke Futebol Clube do Porto pada 2008 saat usianya masih sembilan tahun. Ia bertahan di klub itu sampai dipinjamkan ke Padroense, saat mana ia memutuskan untuk transfer ke Benfica.