Barcelona Lumat Dortmund 3-1, Messi-Suarez-Griezmann Tak Terhentikan

Hasil Pertandingan Barcelona vs Borussia Dortmund di Liga Champions

Gilabola.com – Barcelona menang 3-1 atas tamunya Borussia Dortmund dalam laga Grup F Liga Champions, trio MSG Lionel Messi, Luis Suarez dan Antoine Griezmann tak terbendung oleh pemain Dortmund.

Pertandingan antara Barcelona vs Borussia Dortmund berakhir dengan skor 3-1 dalam laga fase grup ke-5 Grup F Liga Champions yang digelar Kamis (28/11) dini hari tadi. Ketiga gol kemenangan Barcelona dicetak oleh Luis Suarez dan Lionel Messi di babak pertama, sementara Antoine Griezmann manambah keunggulan Barca di babak kedua.

Dengan kemenangan ini Barcelona telah mengamankan tempat di fase berikutnya Liga Champions. Borussia Dortmund sebenarnya mengawali laga dengan baik, namun pada akhirnya mereka kewalahan untuk menghentikan kerjasama antara Lionel Messi dan Luis Suarez.

Gol pertama Barca tercipta ketika Messi memanfaatkan bola lepas di tepi kotak untuk mengirimkannya kepada Suarez, yang menuntaskannya dengan gol dari jarak dekat sekalgus membuat skuad Catalan unggul 1-0 pada menit ke-29.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Tak lama kemudian kesalahan Mats Hummels yang salah mengirimkan bola yang seharusnya ditujukan kepada De Jong, memungkinkan Messi-Suarez untuk kembali beraksi dengan kerjasama yang yang rapi sebelum bintang asal Argentina tersebut melewati kiper Burki dan melepaskan tembakan, bola melewati Mats Hummels yang berusaha menghadang bola, namun tetap bola melesat menjebol gawang Dortmund di menit ke-33, skor 2-0.

Di babak kedua Lionel Messi mendapatkan kartu kuning karena dianggap melakukan diving, Messi saat itu tengah menerobos pertahanan Dortmund tetapi usahanya terhentikan oleh kiper Roman Burki yang menyapu bola, Messi terjatuh di dalam kotak meski tak ada kontak antara dirinya dengan sang kiper.

Bintang anyara Barca, Antoine Griezmann mencetak gol pertamanya musim ini di Liga Champions pada menit ke-67. Messi membuka pertahanan Dortmund sengan sebuah umpan terobosan dan Griezmann berhasil melewati Piszczek dan melepaskan tembakan first-time menjebol gawang Burki, skor 3-0.

Messi seharusnya bisa mencetak dua gol ketika ia melepaskan tembakan geledek dari tendangan bebas. Bola diarahkan langsung ke gawang Dortmund dan kiper Burki hanya bisa melihat bola melambung di atas kepalanya, sayang bola menghajar mistar gawang dan melambung.

Dortmund memang tampaknya sudah pasti akan kalah saat tertinggal tga gol, namun bintang muda mereka Jadon Sancho belum menyerah dan bahkan ia berhasil mengoyak gawang Barca dengan sebuah tendangan yang brilian. Memanfaatkan umpan dari Brandt di tepi kotak penalti, Jadon Sancho melepaskan tendangan keras ke sudut kanan atas gawang, Ter Stegen yang terkejut dengan tembakan tersebut hanya mampu melihat gawangnya terkoyak, skor 3-1.

Sancho bahkan nyaris mencetak gol kedua bagi Dortmund, pemain yang masuk di awal babak kedua menggantikan Schulz ini nyaris menjebol gawang Ter Stegen di menit ke-87. Gotze dan Guerreiro bekerjasama melakukan serangan dari sayap kiri dan mengirimkan bola kepada Jadon Sancho, tembakan dilepaskan bintang muda asal Inggris ini , tetapi kiper Barca berhasil menepis bola dan bola sempat membentur mistar gawang.

Pertandingan pun berakhir dengan skor akhir 3-1 antara Barcelona vs Borussia Dortmund, Barca menjadi pemuncak di Grup F sementara Dortmund terperosok ke posisi ketiga usai Inter Milan menang atas Slavia Praha dan berada di posisi kedua.

Susunan Pemain

BARCELONA (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Samuel Umtiti, Clement Lenglet, Junior Firpo; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Frenkie de Jong; Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele. Cadangan: Jean-Clair Tobido, Arthur, Neto, Moussa Wague, Antoine Griezmann, Aturo Vidal, Ansu Fati.

BORUSSIA DORTMUND (4-2-3-1): Roman Burki; Lukasz Piszczek, Manuel Akanji, Mats Hummels, Nico Schulz; Julian Weigl, Axel Witsel; Achraf Hakimi, Julian Brandt, Raphael Guerreiro; Marco Reus. Cadangan: Dan Axel-Zagadou, Jadon Sancho, Mahmoud Dahoud, Mario Gotze, Thorgan Hazard, Marcel Schmelzer, Marwin Hitz.