Barcelona Rugi Besar Jika Tersingkir di Fase Grup Liga Champions

Barcelona akan alami kerugian ekonomi yang sangat besar jika mereka tersingkir di fase grup Liga Champions – untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir.

Gilabola.com – Laga di kandang Bayern Munchen tinggal 48 jam lagi, dan pertandingan itu akan menjadi momen hidup-mati terpenting Barca musim ini.

Untuk bisa melaju ke babak berikutnya, tim asuhan Xavi Hernandez itu harus menang atas raksasa Bundesliga tersebut, yang sebelumnya mengalahkan mereka 0-3 di pertemuan pertama. Tentunya, untuk menang atas Bayern kali ini akan sangat sulit bagi Barca. Demikian diungkapkan Sport.

Jika Barcelona kalah dan tersingkir di fase grup – untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir, maka akan ada konsekuensi ekonomi yang harus mereka terima.

Advertisement
KaikoSlot
KaikoSlot

Barca sudah menganggarkan tim mereka setidaknya bisa mencapai perempat-final dari kompetisi bergengsi klub-klub papan atas Eropa ini. Jika KO di fase grup, maka klub akan menderita kerugian 20,2 Juta Euro atau setara dengan Rp 328 Miliar dari pendapatan yang mereka harapkan. Sejauh ini, Barca sudah kantongi 15,64 Juta Euro atau sekitar Rp 254 Miliar dari hasil bermain di fase grup.

Tentu saja, mereka tetap akan mendapatkan sejumlah dana jika berpartisipasi di Liga Europa, tapi jumlahnya tidak akan sebanyak itu. Jika Barca menang di kompetisi tier kedua Eropa tersebut, mereka pun ‘hanya’ akan mengantongi 14,9 Juta Euro (Rp 242 Miliar) atau 5,3 Juta Euro atau Rp 86 Miliar lebih sedikit dari nilai yang akan mereka dapatkan jika mencapai perempat-final Liga Champions.

Sebelumnya diberitakan, para pecinta sepak bola, khususnya fans berat Barca, kemungkinan akan menyaksikan tim Catalan itu berlaga di Liga Europa – untuk pertama kalinya, musim ini. Kemungkinan ini bahkan sudah terdeteksi saat mereka alami kekalahan kedua di Liga Champions di bulan September.

Barcelona yang saat itu masih diasuh Ronald Koeman alami kekalahan kedua, 3-0, dari Benfica. Sebelumnya, mereka juga dibantai Bayern, 0-3. Akibat dua kekalahan itu, Barca tenggelam di posisi juru kunci Grup E, hingga berpeluang turun ke kompetisi Liga Europa musim ini.

Barca kemudian naik ke posisi dua klasemen Grup E setelah Dynamo Kiev kalah dari Bayern Munchen, meskipun Blaugrana hanya bermain imbang 0-0 melawan Benfica. Di posisi tersebut, Barca berjarak delapan poin dari Bayern yang ada di posisi teratas dan hanya terpaut dua poin di atas Benfica.

BANDARTOGEL77