Barcelona Selamatkan Wajah Spanyol di Perempat Final Liga Champions

Barcelona Selamatkan Wajah Spanyol di Perempat Final Liga Champions

Perempat final Liga Champions kali ini sungguh memalukan untuk tim-tim Spanyol. Dengan Real Madrid dan Atletico tersingkir, hanya tersisa Barcelona. Tapi ada empat tim Inggris.

Liverpool tadi malam menghabisi tuan rumah Bayern Munchen dengan skor 3-1, dengan tiga gol dilesakkan oleh Sadio Mane (2) dan Virgil Van Dijk. The Reds dengan demikian menyusul tiga tim Premier League lainnya yang masuk perempat final Liga Champions kali ini: Manchester United, Tottenham Hotspur dan Manchester City.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Barcelona pada jam yang sama juga menang 5-1 atas wakil Prancis, Olympique Lyon, dengan Lionel Messi mencetak dua gol di antaranya. Lyon berhasil menahan raksasa Spanyol itu 0-0 pada leg pertama tiga pekan silam.

Dengan demikian kedelapan nama yang akan masuk drawing Liga Champions hari Jumat sore adalah:

  • Liverpool
  • Barcelona
  • Ajax
  • FC Porto
  • Juventus
  • Manchester United
  • Tottenham Hotspur
  • Manchester City

Dari nama-nama di atas kita tahu ada empat tim Inggris, dan masing-masing satu dari Spanyol, Belanda, Portugal, dan Italia. Hal ini mungkin sekaligus mewakili betapa kompetitifnya Premier League dibandingkan liga-liga lain di seantero Eropa. Sejumlah pelatih terbaik dunia seperti Pep Guardiola, Jurgen Klopp, dan Mauricio Pochettino kini tengah berada di Inggris.

Pengundian babak perempat final Liga Champions musim ini akan dilakukan hari Jumat sore waktu Indonesia di markas UEFA di Nyon, Swiss.

Sekedar perbandingan, musim lalu (2017/2018) ada tiga wakil LaLiga di delapan besar kompetisi Eropa itu (Sevilla, Barcelona, Real Madrid), dengan dua nama pertama tersingkir di delapan besar, menyisakan Los Blancos, yang kemudian menundukkan Bayern Munchen 3-4 agregat di semi final dan kemudian menjadi juara setelah menundukkan Liverpool 3-1 di final.

Musim sebelumnya lagi (2016/2017) juga ada tiga wakil La Liga di perempat final. Waktu itu Barca, Los Blancos dan Atletico Madrid masuk delapan besar. Blaugrana kalah 3-0 oleh Juventus dan kemudian Real Madrid mengalahkan Atletico di semi final, dan La Vecchia Signora menang 4-1 atas AS Monaco.