Barcelona vs Dortmund: Ernesto Valverde Harus Putuskan Tiga Hal Penting

Barcelona vs Dortmund: Ernesto Valverde Harus Putuskan Tiga Hal Penting

Gilabola.com – Barcelona vs Dortmund jadi momen bagi Ernesto Valverde untuk mengambil tiga keputusan penting bagi skuadnya di fase penyisihan grup Liga Champions, Kamis (28/11) pekan ini.

Ernesto Valverde dihadapkan pada pengambilan beberapa keputusan besar yang harus dilakukannya jelang pertandingan Liga Champions melawan Dortmund. Jika Blaugrana berhasil kalahkan Dortmund, maka mereka akan pastikan tempat di babak 16 besar sebagai pemenang grup.

Namun, bahkan hasil imbang pun bisa menyulitkan, jika Inter Milan berhasil mengalahkan Slavia Praha di pertandingan lain pekan ini. Situasi itu kemungkinan berarti, skuad Valverde masih membutuhkan setidaknya satu poin lagi dari pertandingan terakhir mereka di Italia.

Karena itulah, mengamankan tiga poin di laga melawan Dortmund akan sangat penting bagi Barca. Untuk itu, Valverde pun harus membuat pilihan tepat jelang laga tersebut.

Mainkan Ousmane Dembele atau Antoine Griezmann

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Kedua pemain ini bisa dimainkan di Barcelona vs Dortmund, seperti yang mereka lakukan di Leganes, ketika hasilnya akhirnya bisa menyamarkan kinerja Barca yang buruk. Kedua pemain internasional Prancis itu bisa dikatakan tidak terlalu bagus di laga tersebut. Idenya, dengan begitu banyaknya bakat kedua pemain ini, maka mereka harus berada di lapangan. Namun, Dembele tetap tidak konsisten dan Griezmann bukan seperti pemain mahal yang didatangkan dari Atletico Madrid.

Valverde wajib dapatkan yang terbaik dari keduanya, tapi hanya satu yang mungkin bermain bersama Lionel Messi dan Luis Suarez pekan ini. Keraguan Valverde mengenai mana yang akan ia mainkan malah makin membuatnya penuh keragu-raguan dalam menentukan. Berpegang teguh dan siap mati di lapangan harusnya bisa menjadi dasar kesuksesan di sini. Sementara perubahan konstan bisa menghasilkan semakin banyak keraguan.

Pilih Arthur atau Arturo Vidal

Arthur dinilai belum 100 persen fokus pada Barcelona. Ada sesuatu yang kelihatannya salah, dan itulah yang membuat Valverde meninggalkan Arthur di sejumlah pertandingan. Sementara Arturo Vidal, tidak disukai karena gaya permainannya, yang harusnya dianggap normal karena dia bukan Xavi atau Iniesta.

Tapi, seperti diungkapkan Sport, satu hal, Vidal punya sesuatu yang tidak dimiliki Arthur; perjuangan seseorang yang berusaha keras untuk mencapai posisinya. Di sini, Valverde juga harus membuat keputusan: tetap bersikeras pada gaya atau mencari sesuatu yang berbeda.

Andalkan Samuel Umtiti atau pemain muda, Ronald Araujo

Gerard Pique harus jalani suspensi dan jelas-jelas tidak akan bermain di laga ini. Sementara Clement Lenglet harus benar-benar pulih dari masalah betis yang dialaminya pertandingan ini.

Tentunya, ini akan menjadi ujian besar bagi Valverde jelang Barcelona vs Dortmund, di mana ia harus tentukan siapa yang akan diandalkannya di lini belakang. Namun, bagi Samuel Umtiti ini juga akan menjadi ujian besar, karena ia harus bisa menunjukkan apakah ia bisa memainkan dua pertandingan dalam sepekan. Jika ada keraguan, maka Ronald Araujo – yang sangat disukai Valverde, bisa masuk lapangan. Apalagi dia sudah berlatih bersama tim utama pekan ini.