Benfica Pertama Kalinya Lolos ke 16 Besar Liga Champions Sejak 2016/2017

Menderita dua kekalahan dengan total skor 9-2 selama babak penyisihan Grup E, Benfica lolos secara dramatis ke babak 16 besar Liga Champions berkat kemenangan 2-0 pada hari terakhir atas tim asal Ukraina, Dynamo Kiev, selain bantuan dari Barcelona.

Memasuki matchday terakhir grup pada hari Kamis dinihari (9/12), Benfica memiliki hanya 5 poin dari hasil satu kemenangan, dua imbang dan dua kekalahan. Tim Portugal itu sukses menaklukkan Blaugrana dengan skor 3-0 pada matchday kedua, tapi gagal mencatatkan lebih banyak kemenangan dari empat laga lainnya.

Sebagai akibatnya mereka harus memenangkan laga terakhir Grup E lawan Dynamo Kiev ini, sembari berharap Barcelona yang duduk di atasnya pada posisi kedua gagal menang pada laga terakhirnya di Bayern Munchen.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Harapan itu terkabul, dengan Roman Yaremchuk serta Gilberto melesakkan dua gol ke gawang Kiev, yang memberi mereka 8 poin. Di saat yang sama tiga gol dari Thomas Mueller, Leroy Sane dan Jamal Musiala menggagalkan upaya Barca untuk menyelamatkan diri dari kesulitan finansial, dengan cara meloloskan diri ke 16 besar Liga Champions.

Benfica sebenarnya memiliki nama besar sebagai juara Eropa dua kali, meski keduanya terjadi pada masa yang sudah sangat jauh, merebut trofi kehormatan benua itu pada tahun 1961 dan 1962. Pada dua kesempatan final tersebut Benfica mengalahkan dua tim asal Liga Spanyol, Barcelona, dengan skor 3-2 pada final 1961, sebelum menang lagi dengan skor 5-3 pada final 1962.

Dengan lolosnya tim Portugal ini ke babak 16 besar maka mereka memiliki peluang untuk mengulangi sejarah tersebut, setidaknya di atas kertas, meski posisi mereka sebagai urutan kedua Grup E akan menyebabkan Benfica berhadapan dengan tim sulit pada drawing 16 besar Liga Champions nanti.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO