Chelsea antara Cinta dan Benci Lawan Tim Ini, 6 Menang, 6 Draw, 6 Kalah

Chelsea Cinta dan Benci Lawan Tim Ini, 6 Menang, 6 Draw, 6 Kalah

Chelsea antara cinta dan benci jika kebagian raksasa ini saat drawing 16 besar Liga Champions, Senin (16/12). 18 kali jumpa, enam menang, enam draw, enam kalah.

Ada lima calon lawan pasukan Frank Lampard di drawing 16 besar Liga Champions hari Senin (16/12). Namun hanya satu yang membuat perasaan Chelsea terombang-ambing antara cinta dan benci pada lawan yang satu ini. 18 kali bertemu, enam menang tapi juga enam kalah dan enam imbang.

Ada Manchester City dan Liverpool sebagai juara grup. Namun Chelsea selaku tim urutan kedua tak mungkin menghadapi mereka di babak 16 besar Liga Champions karena aturan UEFA melarang dua tim dari satu divisi yang sama dijodohkan satu sama lain.

Demikian juga Valencia tak mungkin jadi lawan The Blues karena sama-sama dari Grup H. Alhasil tersisa cuma lima calon lawan Chelsea di 16 besar. Kelima tim itu adalah PSG, Bayern Munchen, Juventus, Barcelona atau RB Leipzig. Dari lima itu, Barca adalah yang paling unik. Catatan head-to-head tim London ini melawan lima klub tersebut adalah sebagai berikut:

  • PSG. Sudah delapan kali bertemu, Chelsea hanya berhasil menang dua kali. Sisanya tiga kali draw dan tiga kali kalah. Sudah pasti The Blues akan enggan menghadapi Le Parisien. Hampir semua pertandingan mereka usai dengan banyak gol. Gol memasukkan dan kebobolan lawan PSG adalah 11 banding 10. Namun jika hanya enam laga terkini yang dihitung (karena dua sisanya dari tahun 2004) maka catatan golnya adalah delapan banding 10!
  • Bayern Munchen. Tim London ini baru lima kali ketemu sang juara bertahan Jerman, tapi rekornya juga mengkhawatirkan. Menang satu kali, draw dua kali dan kalah dua kali. Catatan golnya adalah 11 banding 11. Namun jika ditelisik lebih jauh, satu dari dua kekalahan di tangan Die Roten terjadi saat laga persahabatan dan satu sisanya terjadi saat tandang.
  • Juventus. Hanya empat perjumpaan dalam 10 tahun terakhir. Satu menang, dua imbang, satu kalah. Selisih gol memasukkan dan kemasukan dalam empat laga itu adalah 5 banding 7. Dalam laga terkininya di penyisihan grup Champions League tahun 2013, Juventus menang besar 3-0, sedangkan leg pertamanya 2-2.
  • Barcelona. Ini jumlah perjumpaan tersering. 18 kali sudah ada pertemuan antara keduanya. Kami tidak heran jika hasil drawing 16 besar Liga Champions hari Senin mempertemukan keduanya lagi. Apalagi sebuah simulasi menghasilkan demikian. Dari 18 kali itu seperti sudah kami sebut di atas, enam berujung kemenangan bagi The Blues. Namun dalam perjumpaan tahun lalu (2018) di babak 16 besar skornya adalah 4-1 agregat (1-1 dan 3-0) untuk keunggulan Blaugrana. Jika ditotal sepanjang sejarah, Chelsea berhasil memasukkan 23 gol dan kebobolan 30 gol lawan Barca. Catatan kandang The Blues di Champions League lebih meyakinkan dengan empat menang dua imbang satu kalah, sedangkan tandang 0-4-3 melawan raksasa La Liga itu.
  • RB Leipzig. Tak ada catatan Chelsea lawan tim Jerman ini.
Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D