Chelsea Lolos, Tapi Tim Semifinalis Musim Lalu Tersingkir

Chelsea berhasil lolos ke 16 besar Liga Champions, menang 2-1 atas Lille pada hari Rabu (11/12). Namun satu semifinalis musim lalu tersingkir. Siapa?

The Blues tak mau menggantungkan nasibnya pada pertandingan lain di Grup H Liga Champions, menggebrak permainan sejak awal dan memastikan diri menang 2-1 atas Lille, tim terlemah di antara semua tim pada babak penyisihan grup ini.

Sementara Chelsea menang 2-1 atas OSC Lille berkat gol-gol dari Tammy Abraham dan Cesar Azpilicueta, semifinalis Liga Champions musim lalu Ajax Amsterdam gagal lolos setelah kalah 0-1 dari tim Spanyol, Valencia.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Ini merupakan hasil yang menyesakkan bagi De Joden setelah musim lalu mereka tampil mengejutkan, termasuk mengalahkan Real Madrid di babak 16 besar, menaklukkan Juventus pada perempat final sebelum disingkirkan finalis Tottenham pada babak empat besar. Hal ini termasuk fenomenal karena Ajax memulai kompetisi lalu dari babak kualifikasi kedua.

Urutan tim di Grup H ini pada akhir pertandingan hari Rabu adalah sebagai berikut:

Channel Gilabola di Youtube
  • Valencia 11 poin
  • Chelsea 11 poin
  • Ajax 10 poin
  • Lille 1 poin

Meski sama poin 11 tapi The Blues kalah head-to-head lawan Los Che karena dalam dua pertemuannya di babak grup ini skor 3-2 untuk keunggulan Valencia, yakni saat Chelsea kalah 0-1 di Stamford Bridge pada matchday pertama 18 September, sebelum main imbang 2-2 di di Spanyol pada 28 November lalu. Jadi Los Che di urutan pertama Grup H, skuad Frank Lampard urutan kedua.

Laporan Pertandingan Chelsea vs Lille

Main lawan Lille, yang bukan saja tim terlemah di Grup H tapi juga di seantero grup sebagai tim dengan nilai koefisien terendah di mata UEFA, Chelsea main menyerang sejak awal. The Blues bukan saja dominan dalam hal penguasaan bola, yang mencapai 63% – setidaknya sampai awal babak kedua – namun juga tembakan tepat sasaran ke gawang lawan sebanyak delapan kali. Dua di antaranya berujung gol oleh Tammy Abraham dan Cesar Azpilicueta.

Bandingkanlah itu dengan apa yang dilakukan tim Ligue 1 OSC Lille ini yang hanya mencatatkan tiga shots off target selama babak pertama. Sangat menyedihkan menyaksikan perbedaan kelas antara kedua tim.

Serangan-serangan dari pasukan Frank Lampard berpusat pada Willian. Pemain Brasil ini menerima bola dari Christian Pulisic sebelum melepaskan umpan silang ke depan gawang, yang diiris dengan tumit oleh Tammy Abraham guna melesak ke sudut gawang yang tak diduga kiper Mike Maignan. 1-0! Sedangkan gol kedua datang dari sepak pojok Emerson, lari ke sudut tiang dekat dan menyundulnya. Skor 2-0! Lihat foto di atas.

Menit 58 hampir saja The Blues melihat gol ketiganya malam ini. Menerima umpan silang dari sisi kanan, Tammy Abraham tak punya celah untuk menembak, jadi menyodorkan bola ke arah Azpilicueta. Tapi sang kapten gagal menembak karena terhalang oleh Tammy.

Selang 12 menit sebelum usai, Loic Remy mengejutkan mantan timnya dengan gol setelah bermain satu-dua dengan pemain pengganti Jonathan Bamba. Hasil kemenangan 2-1 ini membawa Chelsea lolos ke 16 besar Liga Champions musim ini sebagai runner-up Grup H. The Blues kini berpotensi bertemu salah satu juara grup di luar tim Inggris dan di luar Valencia yang sama-sama dari Grup H.

Starting XI Chelsea vs Lille

Chelsea : Arrizabalaga, Azpilicueta, Rudiger, Zouma, Emerson Palmieri, Kante, Jorginho, Kovacic, Willian, Abraham, Pulisic. Pengganti: Christensen, Barkley, Caballero, Mount, Hudson-Odoi, Batshuayi, James.

Lille : Maignan, Celik, Gabriel, Djalo, Pied, Soumare, Thiago Maia, Yazici, Xeka, Luiz Araujo, Remy. Pengganti: Leo, Fonte, Osimhen, Ikone, Bamba, Sanches, Bradaric.

AHABET
AHABET