Chelsea Singkirkan Man United Sebagai Klub Bola Inggris Terbanyak Lolos Semi Final Liga Champions

Gila Bola – Ini mungkin pertanda era baru sepak bola Inggris. Jika sebelum hari ini Manchester United adalah tim Premier League yang paling sering lolos ke semi final Liga Champions, gelar itu tadi malam diambil alih oleh Chelsea. The Blues sudah 8 kali lolos empat besar, mengalahkan Red Devils tujuh kali.

Sebuah pertanda bahwa Thomas Tuchel akan cukup awet bertahan sebagai manajer tim London biru setelah pada Rabu dinihari 14 April 2021 Chelsea mengukuhkan diri sebagai tim Liga Inggris dengan penampilan paling sering pada babak semi final Champions League, yaitu delapan kali.

FC Porto berhasil mencuri satu gol tandang melalui sepakan salto Mehdi Taremi pada detik-detik terakhir pertandingan perempat final leg kedua di Stamford Bridge, Rabu dinihari. Tapi satu gol saja ternyata tidak cukup setelah the Blues mencuri dua gol tandang di Portugal pada leg pertama, pekan silam.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Lolosnya The Blues ke semi final Liga Champions musim 2020/21 mengukuhkan satu rekor baru bahwa mereka kini adalah tim Premier League paling sukses di Inggris dengan delapan kali lolos ke semi final.

Ini memang bukan berarti secara otomatis Chelsea sudah pasti akan memenangkan trofi kuping besar, tapi lolos ke empat besar boleh dianggap sebagai semacam prestasi karena tingkat kesulitan yang cukup besar di tahap ini. Bahkan sang juara bertahan Bayern Munchen saja dihentikan pada perempat final oleh PSG.

Delapan musim di mana skuad London biru itu lolos ke empat besar Champions League adalah:

  • 2020/21, mengalahkan FC Porto di perempat final agregat 2-1
  • 2013/14, mengalahkan PSG 3-3 dengan keunggulan gol tandang
  • 2011/12, mengalahkan Benfica 3-1 agregat, menang atas Barcelona 3-2 agregat di semi final dan menjadi juara setelah mengalahkan Bayern Munchen dengan adu penalti
  • 2008/09, lolos ke semi final dengan mengalahkan Liverpool 7-5 agregat
  • 2007/08, menang atas Fenerbahce 3-2 agregat di semi final
  • 2006/07, lolos ke empat besar dengan menang atas Valencia 3-2 agregat
  • 2004/05, menaklukkan Bayern MUnchen 6-5 agregat pada delapan besar
  • 2003/04, menang atas Arsenal 3-2 agregat pada perempat final

Meski pun lolos ke empat besar delapan kali dan lebih unggul daripada Manchester United, tapi dari segi jumlah trofi kuping besar, the Blues masih kalah banyak. Chelsea hanya berhasil memenangkan Liga Champions satu kali, musim 2011/2012, sementara Setan Merah sudah menjadi juara Eropa tiga kali (1968, 1999 dan 2008).