Deco Peringatkan Para Bek, VAR Kini Awasi Mereka

Deco Peringatkan Para Bek, VAR Kini Awasi Mereka

Bek yang coba halangi lawan dengan menarik kausnya atau mendorong dari belakang harus ingat bahwa VAR mengawasi mereka, Deco mengatakan kepada Reuters.

Teknologi video baru telah memicu perdebatan selama bulan pertama penggunaannya di Liga Champions tetapi Deco mengatakan itu adalah sesuatu yang dia akan disambut baik jika ia masih bermain.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

“Saya ingin bermain dengan VAR, saya pikir itu akan membantu saya,” katanya, seraya menambahkan bahwa dia tidak khawatir tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan.

“Lihatlah dengan cara lain. Saya tidak ingin kehilangan gelar karena gol yang seharusnya tidak diberikan, itu benar-benar membuat frustrasi.”

“Semua orang pulang dan kemudian melihat di televisi bahwa karena kesalahan, Anda melewatkan kesempatan untuk bermain di babak final, atau untuk memenangkan gelar.”

Deco sorot VAR laga AS Roma

Sebagai contoh, Deco mengutip penalti perpanjangan waktu yang membuat mantan timnya Porto menang agregat 4-3 atas AS Roma di babak 16 besar Liga Champions pekan lalu.

Fullback Roma Alessandro Florenzi menarik-narik baju pemain depan Porto ketika ia mencoba menemukan bola di depan gawang dan, meskipun wasit tidak melihatnya, itu ditangkap oleh teknologi ini.

“Para pemain akan beradaptasi dengan situasi semacam itu seiring berjalannya waktu,” tandas Deco. “Pemain depan (Fernando) mungkin tidak akan sampai ke bola tetapi bek menarik bajunya karena tidak terpikir olehnya bahwa ada sepasang mata yang menonton selain wasit.”

“Itu adalah penalti konyol untuk diberikan karena dia tidak perlu melakukannya dan pemain berperilaku seperti itu karena mereka pikir wasit tidak dapat melihat, tetapi sekarang telah berubah,” tambah mantan pemain, yang merupakan duta besar untuk Liga Europa.

“Seiring waktu, mereka akan menjadi lebih sadar bahwa mereka sedang diawasi,” pungkas pria asal Portugal berusia 41 tahun tersebut.