Drawing Liga Champions, Bahaya Besar Menanti Real Madrid, Atletico

Drawing Liga Champions, Bahaya Besar Menanti Real Madrid, Atletico

Real Madrid dan Atletico dalam bahaya besar bertemu tim raksasa saat drawing babak penyisihan grup musim baru Liga Champions.

Final kompetisi elit Eropa itu akan berlangsung pada Minggu 2 Juni 2019 mendatang dan mempertemukan Liverpool vs Tottenham Hotspur. Namun pembicaraan di kalangan tim-tim yang sudah tersisih kini mengarah pada penyisihan grup musim baru Champions League, khususnya menyangkut nasib Real Madrid.

Los Merengues adalah juara bertahan Liga Champions tiga musim terkini beruntun dan empat kali juara dari lima kesempatan terakhir. Namun kali ini mereka tersingkir secara mengejutkan di babak 16 besar di tangan Ajax Amsterdam setelah menang 2-1 di kandang lawan dan kalah 1-4 di Santiago Bernabeu.

Real Madrid juga gagal menjadi juara di Liga Spanyol dan sebagai akibatnya saat pengundian hanya akan masuk Pot 2 yang bukan unggulan pada drawing babak penyisihan grup musim baru Liga Champions.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Sesuai aturan UEFA, Pot 1 terdiri dari delapan tim dan kedelapan tempat itu sudah ditetapkan berisi tim-tim juara Spanyol, Inggris, Italia, Jerman, Prancis, Rusia, serta satu jatah masing-masing untuk juara Liga Champions (antara Liverpool atau Tottenham) dan satu tempat bagi juara Liga Europa (entah Chelsea atau Arsenal).

Dengan kata lain tidak ada tempat bagi Real Madrid dan juga Atletico – yang menduduki urutan kedua dan ketiga klasemen LaLiga musim ini – di Pot 1. Mereka berdua kemungkinan besar akan masuk Pot 2 sesuai nilai koefeisien klub dalam kompetisi Eropa. Itu berarti ada kemungkinan besar mereka satu grup dengan salah satu klub besar Eropa yang akan menyulitkan perjuangan lolos dari level grup Liga Champions.

Peserta dari Pot 1 drawing yang potensial menjadi lawan Real Madrid dan Atletico di babak penyisihan grup adalah Barcelona, Manchester City, Juventus, Bayern Munchen, Paris Saint-Germain, Zenit Saint Petersburg, Liverpool atau Tottenham Hotspur, dan Chelsea atau Arsenal.

Sebanyak 26 tim akan langsung masuk ke babak penyisihan grup, tak perlu melewati tahapan kualifikasi. Sebanyak 16 tim akan diisi masing-masing empat dari Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Inggris dan Liga Jerman. Bersama dengan mereka masuk juga dua tim teratas dari Liga Prancis dan Liga Rusia serta masing-masing satu dari Belgia, Ukraina, Portugal dan Turki.