Dua Hasil Liga Champions Tadi Malam Usai Dengan Dua Tuan Rumah Gagal Lepaskan Sepakan Tepat Sasaran

Gilabola.com – Tahu gak apa persamaan laga Atalanta vs Real Madrid dan Gladbach vs Manchester City yang usai pada Kamis dinihari, 25 Februari 2021? Pada kedua pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions itu, kedua tim tuan rumah sama-sama gagal mencatatkan tembakan tepat sasaran.

Baik Atalanta saat menghadapi Real Madrid, maupun Borussia Monchengladbach ketika menjamu Manchester City pada laga tadi malam, mereka berdua memiliki keunggulan dalam posisinya sebagai tuan rumah, tetapi keduanya sama-sama gagal memperoleh satu pun serangan on target dengan kedua tim tamu berhasil mempraktekkan penjagaan terketat yang pernah ada.

Kegagalan Atalanta mencatatkan satu pun serangan tepat sasaran juga banyak disumbangkan oleh fakta bahwa La Dea bermain dengan 10 orang saja, sejak Remo Freuler dikartu merah wasit sejak menit 17 babak pertama. Praktis mereka main bertahan selama 73 menit sisa. Gasperini menarik keluar Duvan Zapata dan memasukkan Mario Pasalic sejak menit 30, mengubah formasi La Dea menjadi 3-4-1-1 dengan Luis Muriel menjadi satu-satunya striker tunggal di depan. Sebagai hasilnya skuad asuhan Gian Piero Gasperini itu hanya berhasil melakukan dua ancaman shots off target tapi tanpa satu kali pun terarah ke gawang Thibaut Courtois.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Hal yang sama juga terjadi pada laga Gladbach vs Man City, minus kartu merah. Skuad asuhan Pep Guardiola yang memiliki reputasi sebagai tim yang paling sulit dibobol di Liga Inggris itu (15 gol kebobolan sejauh musim 2020/21), berhasil meredam serangan-serangan tim Bundesliga tersebut dan selama 93 menit pertandingan di Puskas Arena di Hungaria, tidak satu kali pun tim asuhan Marco Rose berhasil mengancam gawang Ederson Moraes.

Barulah pada detik-detik terakhir pertandingan, ketika wasit sudah melihat jam tangannya, Hannes Wolf berhasil melepaskan satu serangan ke pojok kanan bawah gawang Ederson, tapi berhasil digagalkan kiper Brasil itu. Bolehlah kita bilang bahwa sama seperti Atalanta maka tuan rumah Borussia Monchengladbach pun gagal mencatatkan tembakan on target selama 90 menit.

Itulah sebabnya pernah ada wacana untuk menghapus aturan soal keunggulan gol tandang karena transportasi udara yang kian mudah serta faktor taktik permainan yang semakin berperan besar menjadikan tim tamu tak memiliki kerugian besar tandang ke stadion lawan, apalagi di tengah suasana krisis kesehatan saat ini di mana penonton tuan rumah tak bisa memberi dukungan secara langsung. Dalam kasus Gladbach vs Manchester City, tim Bundesliga itu bahkan sama sekali tak memiliki keunggulan sebagai kandang karena pertandingan dimainkan di Puskas Arena di Hungaria. Hal ini terpaksa dilakukan karena Jerman (dan juga Spanyol dalam kasus Atletico Madrid kemarin) sedang melarang kedatangan warga Inggris dan tidak mau memberi pengecualian pada tim serta pemain sepak bola.