Hasil Barcelona vs Lyon 5-1, Aksi Brilian Lionel Messi Penentunya

Hasil Barcelona vs Lyon, babak 16 besar Liga Champions 2018-2019

Hasil pertandingan amtara Barcelona vs Lyon ditutup dengan skor akhir 5-1, penalti Lionel Messi dan gol Philippe Coutinho membuka keunggulan di babak pertama. Di babak kedua Lyon sempat memperkecil jarak keunggulan, namun aksi individu brilian yang diperagakan Messi mengantarkan tuan rumah menang telak.

Barcelona vs Lyon dalam pertandingan Liga Champions babak 16 besar leg kedua berakhir dengan skor 5-1 di Stadion Camp Nou pada hari Kamis 14 Maret 2019 dini hari tadi.

Barcelona yang menjadi tuan rumah tampil tajam dengan langsung mengurung pertahanan Olympique Lyonaise semenjak babak pertama dimulai. Kiper Lyon, Anthony Lopes harus jatuh bangun untuk mengamankan gawangnya dari serangan Lionel Messi, Luis Suarez dan Coutinho.

Advertisement
advertisement
advertisement

Lionel Messi nyaris membuka keunggulan saat laga baru memasuki menit keempat, tembakannya usai menyambut umpan kiriman Luis Suarez masih berhasil ditepis oleh aksi brilian kiper Lyon, Anthony Lopes.

Kemelut terjadi di dalam kotak penalti Lyon di menit ketujuh saat Alba membuat kewalahan lini pertahanan Lyon, bola kemudian oleh Messi diarahkan ke Coutinho dan kemudian diakhiri dengan tembakan Ivan Rakitic, Denayer berhasil melakukan blok dengan badannya!

Barcelona akhirnya berhasil unggul 1-0 atas Lyon di menit ke-17 melalui tendangan titik penalti yang dieksekusi dengan tendangan panenka Lionel Messi. Penalti ini berasal dari pelanggaran yang dilakukan oleh Denayer terhadap Luis Suarez di dalam kotak penalti, Barca unggul agregat 1-0.

Pertandingan sempat dihentikan karena kiper Lopes yang kesakitan usai bertabrakan dengan Coutinho saat keduanya beradu berebut bola umpan terobosan Gerard Pique, sang kiper dapat melanjutkanm permainan.

Tekanan Barcelona dan kerjasam apik dengan passing-passing akurat membuahkan hasil di menit ke-31 melalui gol Philippe Coutinho. Arthur mengirimkan umpan terobosan ke dalam kotak penalti yang dikejar oleh Luis Suarez. Lolos dari penjagaan Marcal dan sergapan kiper Lopes, Suarez mengirimkan bola kepada Coutinho di tiang jauh dan dengan tenang menceploskan bola ke gawang lyon yang kosong.

Kiper Lyon Anhtony Lopes akhirnya harus diganti oleh Mathieu Gorgelin, Lopes yang tampak kesakitan usai bertabrakan dengan Coutinho keluar lapangan dengan sedih.

Hingga babak pertama berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Barcelona berhasil emndominasi penguasaan bola lebih dari 60% sepanjang 45 menit pertama.

Di awal babak kedua Barcelona nyaris menambah keunggulan mereka, serangan cepat Arthur dilanjutkan dengan umpan terobosan kepada Suarez. Gelandang Uruguay ini mengirimkan bola kepada Messi, kiper Gorgelin datang hendak merebut bola. Bola chip Messi melewati sang kiper dan mengarah ke gawang kosong Lyon, beruntung ada Marcal yang menghalau bola sebelum melewati garis gawang!

Lyon menolak menyerah dan di menit ke-58 mereka berhasil memperkecil jarak ketertinggalan menjadi 2-1 melalui gol Lucas Tousart. Bola crossing dikirimkan oleh Memphis Depay, Marcelo berhasil mengalahkan Lenglet dalam perebutn bola atas, sundulan Marcelo melintas di mulut gawang dan dihajar oleh Tousart masuk ke gawang Ter Stegen yang entah ada di mana. Agregat 2-1 Lyon membuka peluang lolos!

Lyon kini mendominasi serangan dan menggempur gawang Ter Stegen, mereka kini lebih bersemangat. Moussa Dembele di dalam kotak penalti Barca mengirimkan bola kepada Fekir yang sayangnya tembakannya masih melebar tipis.

Barcelona kini terancam, hanya dengan satu gol penyama kedudukan dari Lyon akan membuat mereka tersingkir dari ajang liga Champions karena di laga leg pertama Barca gagal mencuri poin di kandang lyon dengan agregat 0-0, dan kini Lyon unggul gol tandang.

Aksi Individu Lionel Messi Penentunya

Lionel Messi di menit ke-78 berhasil mengamankan posisi agregat Barcelona menjadi 3-1, aksi individu super diperagakan Messi usai menerima bola dari Sergio Busquets. Messi membuat dua bek Lyon tampak bodoh dan tembakannya berhasil ditepis oleh sang kiper namun bola masih menggelinding masuk gawang Lyon! Superrr!!!

Gerard Pique menjadikan skor keunggulan Barca menjadi 4-1 di mneit ke-81, dan lagi-lagi berkat aksi brilian Lionel Messi mengecoh beberapa pemain Lyon, Pique cukup dengan sontekan ringan untuk mengarahkan bol masuk gawang!

Dan di menit ke-86 giliran Ousmane Dembele yang belum lama menggantikan Coutinho mencatatkan namanya di papan skor, dan kembali Messi menjadi arsitek gol kelima Barca ini, skor 5-1 dan agregat 5-1 Barca membuka jalan ke babak perempat final Liga Champions!

Wasit akhirnya menutup laga antara Barcelona vs Lyon dengan skor akhir 5-1, Lionel Messi dkk akan beraksi di babak selanjutnya dan hanya perlu menantikan drawing babak perempat final.

Susunan Pemain

BARCELONA (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Clement Lenglet, Gerard Pique, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arthur; Lionel Messi, Luis Suarez, Philippe Coutinho.

Cadangan Barcelona: Nelson Semedo, Ousmane Dembele, Jasper Cillessen, Malcom, Arturo Vidal, Samuel Umtiti, Carles Alena.

LYON (3-5-2): Anthony Lopes; Jason Denayer, Marcelo, Marcal; Leo Dubois, Lucas Tousart, Tanguy Ndombele, Nabil Fekir, Ferland Mendy; Moussa Dembele, Memphis Depay.

Cadangan Lyon: Rafael, Houssem Aouar, Bertrand Traore, Kenny Tete, Pape Cheikh, Maxwel Cornet, Mathieu Gorgelin.