Hasil Liga Champions: Bayern Munchen Singkirkan Lazio, Tak Ada Wakil Serie A di Perempat Final

Gila Bola – Serie A menyedihkan! Kegagalan Lazio membalikkan ketertinggalan agregat 4-1 di kandang Bayern Munchen pada pertandingan hari Kamis 18 Maret 2021 menyebabkan sudah resmi tak ada wakil klub sepak bola Italia di babak perempat final Liga Champions musim 2020/21 ini.

Kekalahan Lazio 2-1 (agregat 6-2) di tangan Die Roten pada Kamis dinihari, membawa skuad asuhan Simone Inzaghi itu menyusul nasib dua tim Italia lainnya, Juventus dan Atalanta, yang masing-masing sudah lebih dulu tersingkir dengan kekalahan agresifitas gol tandang melawan FC Porto (4-4) dan Real Madrid (1-4).

Delapan tim yang dengan demikian sudah memastikan diri melaju ke perempat final turnamen elit Eropa itu adalah: Manchester City, Bayern Munchen, Chelsea (yang pada jam sama Kamis dinihari menang 3-0 agregat atas Atletico Madrid), Liverpool, Porto, PSG, Borussia Dortmund dan Real Madrid.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Tidak ada kejutan dari pertandingan Die Roten versus Le Aquile itu, dengan sang juara bertahan Liga Champions itu menang 2-1 (agregat 6-2) pada leg kedua di Allianz Arena. Ini sudah merupakan kesembilan kalinya beruntun Die Roten lolos ke perempat final.

Gol pertama dilesakkan oleh Robert Lewandowski melalui sepakan penalti pada menit 31 setelah Vedat Muriqi menjatuhkan satu pemain tuan rumah di dalam kotak, saat menyambut satu sepak pojok. Lewandowski berhenti sejenak untuk mengetahui arah bantingan tubuh kiper Pepe Reina, sebelum mengincar pojok kanan bawah gawang Lazio.

Sang striker Polandia yang kini sudah mencatatkan lima gol di ajang Champions League itu kemudian ditarik keluar pada menit 71, bersama partnernya Thomas Mueller, guna memberi menit bermain yang penting bagi Eric Maxim Choupo-Moting dan Jamal Musiala. Sebelumnya, selang 7 menit lebih dulu Leon Goretzka digantikan oleh Alphonso Davies dan kemudian Joshua Kimmich digantikan oleh Javi Martinez.

Hanya dalam waktu dua menit saja sejak masuk, mantan pemain Schalke dan Paris Saint-Germain Choupo-Moting kemudian mencetak gol kedua Bayern Munchen. Gol ini berawal dari umpan terobosan yang dilepaskan David Alaba di antara tiga pemain Lazio. Pemain kelahiran Hamburg Jerman berusia 31 tahun itu kemudian mengangkat bola melewati kiper Pepe Reina yang maju untuk menutup ruang.

Marco Parolo berhasil memperkecil ketertinggalan Le Aquile dengan golnya pada menit 82, menyundul bola hasil tendangan bebas Andrea Pereira ke tiang dekat gawang Die Roten yang dijaga Alexander Neubel. Kiper kedua Bayern ini turun menggantikan Manuel Neuer yang tengah menderita sakit flu.

Selain memastikan bahwa tidak ada wakil klub bola asal Italia pada babak perempat final, skor 2-1 (agregat 6-2) ini juga memastikan bahwa Lazio memecahkan rekor baru sebagai tim pertama di ajang Champions League yang menderita situasi 14 pertandingan beruntun di mana kedua tim berhasil mencetak gol.

Satu peluang terakhir dari skuad Hansi Flick terjadi pada menit 89 saat umpan dari Leroy Sane masuk ke dalam kotak dan coba diselesaikan oleh Serge Gnabry tapi berhasil ditip keluar oleh Pepe Reina.