Hasil Liga Champions: Dortmund Seharusnya Imbang Lawan Man City, Tapi Gol Bellingham Dirampok Wasit

Gila Bola – Lihat fotonya. Hasil pertandingan Manchester City vs Borussia Dortmund pada Rabu dinihari 7 April 2021 seharusnya berakhir imbang setelah Jude Bellingham mencetak gol pada menit 36, tapi wasit secara aneh memandangnya sebagai pelanggaran terhadap kiper Ederson, membatalkan gol dan memberi kartu kuning.

Berita sepak bola pada Rabu dinihari ini akan berpusat pada adegan menit 36 pertandingan Liga Champions Manchester City vs Dortmund di Etihad Stadium tersebut. Dalam adegan tayangan ulang terlihat bahwa Bellingham menyentuh bola lebih dulu daripada kiper City dan menceploskan si bundar ke gawang yang kosong. Tidak ada kontak fisik antara si pemain Inggris dan kiper Brasil itu seperti yang diasumsikan oleh wasit.

Adegan ini tak masuk kategori yang bisa direview oleh asisten video wasit (VAR) karena wasit Rumania Ovidiu Hategan sudah meniup peluitnya lebih dulu sebelum bola melintasi garis gawang. Peninjauan VAR hanya bisa dilakukan jika tidak ada peluit ditiup sebelum gol terjadi. Akibatnya, ini dianggap sebagai pelanggaran biasa. Dan yang lebih menyakitkan lagi bagi Dortmund, pemain muda Jude Bellingham terkena kartu kuning untuk protes kerasnya.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Itu merupakan sebuah keputusan yang sangat menentukan hasil akhir dari pertandingan leg pertama babak perempat final Champions League ini setelah Kevin de Bruyne membuka skor bagi pasukan Pep Guardiola selang 18 menit sebelumnya dan Phil Foden mencetak gol kedua pada detik-detik terakhir laga.

Dalam sebuah serangan balik kilat gelandang Belgia itu menggiring bola dengan cepat dan meneruskannya ke Phil Foden di sisi kiri, yang kemudian melepaskan umpan silang di depan gawang, namun gagal diambil oleh Bernardo Silva. Beruntung bola sampai ke Riyad Mahrez yang mengambil waktu sejenak sebelum mengirim umpan tarik pendek dan disikat pada kesempatan pertama oleh De Bruyne. Gol! 1-0!

Itu merupakan sebuah serangan yang sangat indah dari pihak Skyblues. Sayang sekali bahwa tidak ada gol kedua terjadi karena seharusnya bisa membuat pertandingan lebih seru lagi, selain gol tandang yang bisa saja menenggelamkan Cityzens untuk leg kedua di Dortmund, pekan depan.

Kevin de Bruyne seharusnya bisa mencetak gol kedua setelah ia berlari solo pada menit 76 dan mengalahkan sejumlah pemain BVB sebelum menembak saat tiba di tepi kotak, tapi serangannya melesat di sisi kiri gawang Marwin Hitz. Sebelumnya, pada menit 65 kiper tua asal Swiss itu menyelamtkan satu serangan Phil Foden ke bagian tengah gawang.

Satu serangan berarti dari pihak Dortmund datang melalui bintang Norwegia yang sudah mencetak 10 gol musim ini di ajang Liga Champions. Erling Haaland pada menit 48 melepaskan satu tembakan lemah yang berhasil diamankan kiper Ederson.

Beruntung terjadi gol BVB melalui Marco Reus pada menit 84 dengan assist dikirimkan oleh Haaland. Namun kegembiraan para pemain Die Borussen tidak lama karena pada detik-detik terakhir pertandingan Phil Foden memastikan dua gol bagi Skyblues. Skor akhir laga Machester City vs Borussia Dortmund untuk leg pertama perempat final Liga Champions pada Rabu dinihari (7/4) usai dengan skor 2-1.