Hasil Liga Champions: Manchester City Paksa Gladbach Tak Bisa Lepaskan Satu Pun Shot on Target

Gilabola.com – Kerjasama mematikan dua pemain Portugal menyebabkan Bernardo Silva yang pendek itu berhasil mencetak gol sundulan kepala yang menjadi gol pertama Manchester City lawan Borussia Monchengladbach pada laga Liga Champions, Kamis (25/2), sembari mencegah tim Bundesliga itu mencatatkan satu pun shot on target.

Bernardo Silva hanya memiliki tinggi badan 172 centimeter, termasuk pendek untuk ukuran pemain bola, tapi berhasil mencetak gol sundulan kepala bagi Manchester City pada laga 16 besar Liga Champions, Kamis dinihari. Dalam apa yang terlihat sebagai hasil latihan berminggu-minggu dan insting kerjasama yang baik, Joao Cancelo mengirimkan sebuah crossing ke tiang jauh dari jarak beberapa belas meter dan mantan pemain AS Monaco itu melompat sembari mengarahkan tandukannya ke sudut kiri gawang Yann Sommer.

Mantan pemain Benfica berusia 26 tahun itu juga terlibat dalam gol kedua City menit 65. Sebuah crossing dari sisi kiri lapangan (mirip dengan umpan untuk gol pertama) datang ke arah Silva, yang menanduk bola ke depan gawang dan disambar oleh Gabriel Jesus. Kiper Yann Sommer cuma melongo saja melihat kerjasama tim seperti itu.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Manchester City memamerkan kemampuan mereka untuk memotong umpan, menekan di setengah lapangan lawan dan penguasaan bola guna mencegah Borussia Monchengladbach mencatatkan satu pun tembakan on target. Sampai dengan menit 90 pertandingan di Puskas Arena ini, tak satu kali pun tim asuhan Marco Rose itu berhasil mengancam gawang Ederson Moraes. Bahkan selama separuh pertama permainan, tak satu kali pun pemain Gladbach berhasil menyentuh bola di setengah lapangan City.

Kehebatan Manchester City di Lini Belakang

Sebenarnya jika kita melihat statistik mereka di ajang domestik, hal ini tidaklah mengherankan. Catatan City di papan klasemen Liga Inggris pada musim 2020/21 sebenarnya sudah bisa menjadi PR bagi Marco Rose dengan tim asuhan Pep Guardiola itu hanya memiliki 15 gol kemasukan saja (serta 50 produktifitas gol) dalam 25 pertandingan sejauh ini di ajang Premier League, menjadi tim yang paling sulit dibobol. Pesaing terdekatnya dalam hal efektifitas pertahanan memiliki angka kemasukan gol jauh lebih buruk: Chelsea (urutan 5, 25 gol kebobolan), Arsenal (ranking 11, 26 gol) dan Aston Villa (posisi 8, 26 gol). Sebagai perbandingan Manchester United yang berada pada urutan kedua klasemen Premier League memiliki 32 gol kebobolan!

Kemenangan ini berarti bahwa City di bawah asuhan Pep Guardiola kini sudah memenangkan tiga tandang terbarunya pada babak 16 besar Champions League. Mereka adalah kemenangan 0-4 di FC Basel pada Februari 2018, 2-3 di Schalke 04 pada Februari 2019 dan 1-2 di Real Madrid pada Februari 2020.

Setelah unggul dua gol yang nyaman dan berhasil meredam permainan Gladbach hingga mencegah mereka mencatatkan satu pun serangan on target, Guardiola melakukan tiga pergantian pemain jelang akhir dengan menarik keluar Raheem Sterling, Phil Foden dan Jesus, memasukkan Riyad Mahrez, Ferran Torres dan Sergio Aguero.

Tidak ada gol lagi meski Citizens memiliki dua peluang untuk menambah gol pada menit 78 dan 83. Yang pertama terjadi melalui kerjasama tim melalui congkelan Concelo ke dalam kotak yang dikendalikan oleh Foden tapi sepakannya terlalu tinggi. Sementara peluang kedua datang melalui Mahrez tapi sepakannya berhasil dihentikan kiper Gladbach. Hasil Liga Champions di lokasi netral Puskas Arena di Hungaria ini usai dengan skor 0-2 bagi kemenangan Manchester City.