Hasil Manchester City vs Shakhtar Donetsk Skor 6-0 Kemenangan Terbesar!

Hasil Manchester City vs Shakhtar Donetsk, Liga Champions

Hasil Manchester City vs Shakhtar Donetsk skor 6-0 hari Kamis mengukuhkan skuad Pep Guardiola itu di puncak klasemen Grup F Liga Champions dan memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Manchester City tidak menemui kesulitan melawan Shakhtar Donetsk, menang telak 6-0 dengan gol pertama dicetak oleh David Silva, sebelum Gabriel Jesus menambahkan gol kedua melalui titik penalti dan Raheem Sterling mencatatkan namanya di papan skor pada awal babak kedua. Jesus menambahkan satu lagi, juga dari titik penalti pada menit 72. Dan ketika semua orang yakin laga akan usai dengan skor 4-0, Riyad Mahrez menambahkan satu pada menit-menit akhir. Disusul kemudian oleh gol Gabriel Jesus pada masa injury time.

The Skyblues tidak memberi ampun tamunya yang datang dari jauh itu. Klub Ukraina tersebut hanya bisa mencuri 37% penguasaan bola pada laga di Stadion Etihad ini, kebingungan antara mau mempertahankan gawangnya atau maju ke depan untuk menyamakan skor.

Advertisement
advertisement
advertisement

Shakhtar Donetks menerapkan pertahanan ketat dengan jebakan offside berkali-kali terjadi. Setidaknya ada lima kali anak-anak Pep Guardiola terkena prit wasit Viktor Kassai asal Hungaria untuk alasan offside ini sepanjang pertandingan. Selain itu juga dengan tekel-tekel keras yang menghasilkan dua kali tendangan penalti bagi tuan rumah dan dieksekusi secara baik oleh Gabriel Jesus.

Kemenangan 6-0 ini membawa The Citizens semakin mentereng di puncak klasemen Grup F dengan poin 9, hasil tiga kali menang dan sekali kalah. Satu-satunya kekalahan diderita di tangan Lyon, yang menduduki ranking kedua malam ini, pada laga perdana 20 September lalu di Etihad.

Gol-gol Manchester City ke Gawang Donetsk

Kemenangan skuad asuhan Pep Guardiola ini dibuka oleh David Silva pada menit 13. Mantan pemain Leicester City Riyad Mahrez menerima bola dan menggiringnya ke dalam kotak penalti sisi kanan. Utak-utik ia mengirim umpan silang mendatar ke depan gawang dan dicolek secara mudah oleh David Silva.

Gol kedua berbau kontroversi. Pemain tamu yang dituding melakukan pelanggaran, Matviyenko, bahkan berada sekitar satu meter di belakang Raheem Sterling ketika pemain Inggris itu terjatuh di dalam kotak penalti. Tapi keputusan wasit mutlak dan Gabriel Jesus tidak membuat kesalahan, mengirim bola ke sisi lain gawang.

Gol ketiga Manchester City merupakan sebuah gol indah hasil karya Raheem Sterling. Ia menerima bola dengan membelakangi gawang lawan, entah bagaimana berhasil menghindari tekel dari Maycon dan Stepanenko, sebelum melepaskan tendangan melengkung ke sudut atas gawang Shakhtar Donetsk.

Tempo permainan menurun dan seolah-olah laga akan usai dengan skor 3-0 saat tendangan penalti kembali diberikan kepada The Skyblues. Stepanenko menjatuhkan David Silva di dalam kotak. Beda dengan penalti pertama yang meragukan, yang satu ini sangat meyakinkan. Dan Gabriel Jesus kembali mengulangi adegan penalti pertama. Ia mengirim kiper Pyatov ke sisi berbeda dengan arah bola.

Riyad Mahrez menambahkan namanya ke papan skor pada menit-menit akhir pertandingan di Stadion Etihad malam ini. Tapi ternyata itu belum cukup. Jesus melengkapi dengan gol hattricknya pada masa injury time. Skor 6-0 dan wasit meniup peluit akhir.

Hasil 6-0 ini merupakan kemenangan terbesar Manchester City di Liga Champions musim ini, sekaligus mengukuhkan mereka di puncak klasemen Grup F dengan poin 9 dan selisih gol 12-3. Lyon berada di posisi kedua dengan poin 6 setelah hanya main imbang 2-2 lawan Hoffenheim.

Susunan Pemain Manchester City vs Shakhtar Donetsk

Man City : Ederson, Walker, Stones, Laporte, Zinchenko, Bernardo Silva, Fernandinho, Silva, Mahrez, Gabriel Jesus, Sterling. Cadangan: Muric, Danilo, Gundogan, Aguero, Delph, Sane, Otamendi. 

Shakhtar Donetsk : Pyatov, Matviyenko, Kryvtsov, Rakitskiy, Ismaily, Stepanenko, Maycon, Taison, Kovalenko, Bolbat, Junior Moraes. Cadangan: Shevchenko, Butko, Khocholava, Kayode, Dentinho, Alan Patrick, Wellington Nem.