Hasil Pertandingan Liverpool vs Bayern Munchen, Skor 0-0

Hasil Pertandingan Liverpool vs Bayern Munchen, Skor 0-0

Hasil pertandingan Liverpool vs Bayern Munchen pada 16 besar Liga Champions, Rabu (20/2) usai dengan skor 0-0. Skor kacamata itu tidak mencerminkan jalannya pertandingan, terutama pada babak pertama, yang penuh peluang gol.

Laga 45 menit pertama antara Liverpool vs Bayern Munchen di Stadion Anfield pada Rabu dinihari ini berbeda jauh dengan 45 menit kedua. Serangan silih berganti terjadi selama babak pertama dan seharusnya sudah terjadi banyak gol, setidaknya empat, tapi sayangnya tidak demikian. Sementara itu babak kedua, khususnya pada menit-menit awal, diwarnai dengan pertahanan ketat oleh Der FCB. Selama 20 menit pertama babak kedua para pemain The Reds tak mampu melepaskan satu pun tembakan on target ke gawang Manuel Neuer.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Niko Kovac selaku manajer Bayern Munchen tampaknya mengincar skor 0-0 pada leg pertama ini sebelum leg kedua di Allianz Arena selang tiga minggu lagi. Terlihat jelas bahwa ia menginstruksikan para pemainnya untuk lebih banyak bertahan selama babak kedua. Ia patut khawatir dengan sejumlah peluang emas yang diukir Sadio Mane dan Mohamed Salah selama paruh pertama tadi. Setidaknya ada tiga kali pemain Senegal, Mane, memperoleh kesempatan mencetak gol, tapi sayang tak satu pun membuat gawang Neuer bergetar. Demikian juga setidaknya ada dua kali Mohamed Salah membahayakan gawang Bayern.

Sebaliknya Serge Gnabry, yang merupakan pemain muda Arsenal yang dilepas tahun 2015, tampil mengesankan dengan tiga atau empat kali melepaskan diri dari kawalan lawan melalui sayap kanan sebelum mengirim umpan-umpan berbahaya ke dalam kotak, yang tertuju kepada Robert Lewandowski. Satu di antaranya nyaris membuahkan gol bunuh diri oleh Jordi Matip, yang mencoba membersihkan bola tapi malah menembak on target ke gawang sendiri. Beruntung bola masih memantul di dada Alisson Becker.

Sang kiper Brasil mantan AS Roma itu juga dua kali nyaris membuat blunder. Dua kali ia mengirim umpan ceroboh. Satu terarah langsung ke Thiago Alcantara pada menit keenam. Ia beruntung karena umpan Thiago ke James Rodriguez berhasil dihentikan oleh Joel Matip. Selang 10 menit kemudian, Alisson kembali mengirim umpan ceroboh, kali ini ke pinggir kotak kepada Matip, terlalu dekat dengan pemain Bayern sehingga Thiago sekali lagi mencuri bola dan mengirim bola secara cepat ke arah Kingsley Coman. Tapi tak ada gol.

Babak kedua, seperti sudah disebutkan tadi, diawali dengan Bayern Munchen memperketat lini belakangnya. Tekanan diberikan pada pemain raksasa Bundesliga itu setiap kali pemain The Reds masuk ke sepertiga akhir lapangan. Di tengah situasi kegagalan Liverpool mencatatkan shot on goal, menit 59, Serge Gnabry – pemain yang terlihat sangat berbahaya sepanjang babak pertama tadi – melepaskan tendangan dari tepi kotak, tapi meleset tipis di atas mistar gawang.

Peluang terbaik skuad Jurgen Klopp – yang sedari tadi berjingkrak-jingkrak di pinggir lapangan karena jengkel – terjadi menit 85 saat Sadio Mane menanduk bola untuk sebuah umpan silang, mengarahkan ke bagian bawah gawang. Tapi Manuel Neuer terlalu senior untuk dikecoh, berhasil menepis bola keluar dengan membanting tubuhnya. Gagal gol lagi.

Tidak ada gol. Hasil pertandingan Liverpool vs Bayern Munchen di Anfield ini ditutup dengan skor akhir 0-0. Kedua tim masih akan menjalani leg kedua selang tiga minggu lagi di kandang Die Roten, Allianz Arena. Skor 0-0 merupakan situasi yang berbahaya bagi tuan rumah karena Mohamed Salah dan kawan-kawan cukup mencuri satu gol tandang untuk lolos ke perempat final Liga Champions.

Susunan Pemain Liverpool vs Bayern Munchen

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Matip, Fabinho, Robertson, Wijnaldum, Henderson, Keita, Mane, Salah, Firmino. Pemain pengganti: Mignolet, Milner, Sturridge, Moreno, Lallana, Shaqiri, Origi.

Bayern Munchen: Neuer, Kimmich, Sule, Hummels, Alaba, Thiago, Martinez, James Rodriguez, Gnabry, Lewandowski, Coman. Pemain pengganti: Ulreich, Ribery, Rafinha, Davies, Mai, Sanches, Shabani.