Juara Eropa Dua Kali Ini Terlalu Kuat Untuk Club Brugge, Menang 7-1 Agregat

Gila BolaJuara Eropa dua kali ini terbukti terlalu kuat bagi Club Brugge, menang agregat 7-1 setelah mengungguli klub Belgia itu 5-1 pada leg kedua 16 besar Liga Champions tadi subuh.

Goncalo Ramos, pemain 21 tahun, mencetak dua gol, selain satu gol dari Rafa Silva dan satu gol tendangan penalti dari Joao Mario serta satu gol lain dari David Neres pada laga Rabu dinihari (8/3) guna memastikan klub Portugal itu memenangi duel dua leg di tahap ini dan memastikan diri sebagai tim pertama yang lolos ke perempat final Liga Champoins 2022/23.

Sementara bagi Club Brugge, yang diam-diam pernah mencapai final Piala Eropa pada 1978 sebelum dikalahkan Liverpool, mereka gagal mengulangi prestasi terbaiknya lolos ke perempat final kompetisi elit Eropa ini pada tahun 1977.

Rafa Silva dan Goncalo Ramos adalah juga pencetak gol dalam kemenangan dua gol di Belgia, pertengahan Februari lalu.

Memangnya Kapan Benfica Juara Eropa?

Benfica merupakan juara Eropa pada 1961 dan 1962, sebelum kompetisi ini menyandang nama Liga Champions.

Pada final 1961 mereka mengalahkan Barcelona 3-2, sebelum mereka menang atas Real Madrid 5-3 pada satu tahun setelahnya.

Untuk bisa memahami betapa hebatnya prestasi Benfica, waktu itu Los Blancos sudah lima kali meraih trofi juara Eropa ini (1956 sampai 1960), tetapi toh kalah juga oleh tim Portugal tersebut pada final 1962.

Situasi Pertandingan Leg Kedua Benfica vs Club Brugge

Data pertandingan memperlihatkan betapa jauhnya kualitas kedua tim. Setelah kemenangan 0-2 di Belgia, Benfica mendominasi pertandingan leg kedua di Estadio da Luz ini dengan penguasaan bola mencapai 57% selama 90 menit, 21 percobaan gol dan tujuh serangan tepat sasaran.

Bandingkanlah itu dengan apa yang dilakukan pasukan Simon Mignolet dengan hanya 42% penguasaan bola, sembilan kali percobaan gol dan tahu berapa jumlah serangan on target ke gawang Odysseas Vlachodimos? Satu saja.

Hanya satu gol tiga menit jelang akhir oleh bek Belanda, Bjorn Meijer, menjadi sedikit hiburan bagi Club Brugge.

Hanya Liverpool dan Bayern Pernah Menang di Kandang Benfica 

Tugas klub Belgia itu memang sangat berat untuk leg kedua ini. Usai kekalahan 2-0 dari leg pertama, sedikit mustahil untuk bisa menang di Estadio da Luz.

Faktanya, hanya Bayern Munchen dan Liverpool yang pernah menang di kandang Benfica sejak tahun 2020.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!