Juara Liga Champions, Liverpool Bertambah Kaya Rp 1,7 Trilyun

Juara Liga Champions, Liverpool Bertambah Kaya Rp 1,7 Trilyun

Menjadi juara baru Liga Champions tadi malam telah menjadikan Liverpool bertambah kaya Rp 1,7 Trilyun. Bisa buat beli pemain baru!

Liverpool menang 2-0 atas Tottenham Hotspur dalam partai final Liga Champions di kota Madrid tadi malam, yang sekaligus mengukuhkan gelar juara Eropa keenam kalinya dalam sejarah bagi The Reds.

Tapi hadiah uang yang mereka terima sebagai juara Liga Champions yang sungguh membuat mereka bahagia karena bisa diinvestasikan ulang pada pemain-pemain bintang baru guna melanjutkan dominasi mereka di Eropa dan di Liga Inggris.

Sebagai juara Liga Champions, Liverpool bertambah kaya Rp 1,7 Trilyun dari hasil hadiah uang yang terbagi dari tiga sumber. Sebenarnya hadiah sebagai juara kompetisi elit Eropa itu sendiri tidak besar.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Sebagai finalis Liga Champions tahun ini Liverpool (dan juga Tottenham) menerima uang yang setara dengan Rp 240,8 Milyar. Dan sebagai juara ada tambahan Rp 64,2 Milyar. Hmm, tidak besar juga ya insentif jadi juara.

Sebelumnya sebagai semifinalis Liverpool bertambah kaya Rp 198,8 Milyar. Hal yang sama juga dirasakan tiga semifinalis lainnya: Spurs, Ajax Amsterdam dan Barcelona. Sementara semua tim yang lolos ke perempat final mendapatkan Rp 168,7 Milyar. Dan mereka yang lolos dari penyisihan grup serta memasuki tahapan sistem gugur 16 besar mengantongi Rp 152,6 Milyar. Dan saat mereka lolos dari liga domestik masing-masing, bermain di babak penyisihan grup saja sudah memperoleh Rp 245 Milyar.

Itu belum memperhitungkan bonus uang yang dihitung dari berapa banyak mereka menang dan draw di babak penyisihan grup. Liverpool bertambah kaya Rp 130,3 Milyar dari hasil tiga kali menang di tahap pertama penyisihan Liga Champions tersebut.

Dan uang itu belum lagi ditambah dengan uang market pool televisi sebesar Rp 568 Milyar. Total Liverpool bertambah kaya lebih dari Rp 1,7 Trilyun dari tiga sumber pendapatan tersebut. Tepatnya adalah Rp 1,734 Trilyun.

Sebenarnya kalau dipikir-pikir uang hadiah itu serta uang dari hak siar televisi tidak besar-besar amat. Transfer satu pemain saja sekelas Mohamed Salah dari AS Roma ke Anfield dua tahun lalu sebesar Rp 679 Milyar. Begitu pula kepindahan kiper Alisson Becker dari Olimpico ke Liverpool senilai Rp 1,25 Trilyun.

Efek lanjutan yang dinantikan oleh The Reds saat ini. Pembelian merchandise klub seperti jersey dan pernak pernik lainnya akan naik pesat karena bukan hanya penggemar Liverpool tapi juga banyak orang awam yang ingin merasakan semangat juara The Reds. Juga nilai kontrak dengan sponsor-sponsor utama klub seperti Standard Chartered akan naik drastis. Itulah efek-efek lanjutan dari menjadi juara Liga Champions.