Juventus Tersingkir, Tapi Tiga Pemain Mereka Masuk Tim Terbaik Liga Champions Pekan Ini

Gila Bola – Apa yang salah dengan Juventus? Tiga pemain mereka masuk ke dalam top XI penampil terbaik di Liga Champions pekan ini, padahal kenyataannya mereka tersingkir secara tragis di tangan FC Porto.

Juventus menang 3-2 di Turin, tapi mereka tersingkir oleh aturan gol tandang dalam agregat imbang 4-4. Ini berarti sejak kedatangan Cristiano Ronaldo, juara Italia selalu tersingkir dini, tereliminasi pada perempat final di tahun 2019 dan di babak 16 besar pada 2020 dan 2021 ini.

Menariknya tak ada tim yang mengirimkan wakil lebih dari dua seperti Juventus, dengan Porto hanya mengirim dua wakilnya dalam tim terbaik Liga Champions pekan ini. Sisanya semua tim masing-masing hanya diwakili satu pemain.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Selain Porto, tim lain yang lolos ke perempat final adalah Borussia Dortmund (2-2, agregat 5-4 vs Sevilla), Paris Saint-Germain (1-1, agregat 5-2 vs Barcelona), dan Liverpool (2-0, agregat 4-0 vs RB Leipzig).

Berikut kesebelasan terbaik Liga Champions pekan ini menurut rating dari whoscored :

  • Keylor Navas (GK/PSG) – 8,6 – melakukan total sembilan penyelamatan, termasuk penalti Messi, untuk mencegah Barcelona bisa mengulang keajaiban La Remontada dan membawa PSG lolos.
  • Marcos Acuna (LB/Sevilla) – 7,1 – sangat agresif di sisi kiri serangan Sevilla, menawarkan tiga umpan kunci, menyelesaikan 91 persen umpan dan memenangi empat duel udara.
  • Pepe (CB/Porto) – 7,4 – tokoh sentral dari kesuksesan Porto mengeliminasi Juventus. Tampil solid di jantung pertahanan, menunjukkan pengalaman besarnya dengan melakukan total 18 sapuan sepanjang laga!
  • Dayot Upamecano (CB/Leipzig) – 7,6 – mencegah Liverpool mencetak gol ketiga di menit akhir, sebenarnya tampil cukup solid meski timnya kalah, menyelesaikan 7 intersep, 4 tekel, dan 3 duel udara.
  • Juan Cuadrado (RB/Juventus) – 10 – menawarkan daya ofensif yang luar biasa di sisi kanan serangan Juventus, menghasilkan 12 umpan kunci, enam dribel, sembari juga memenangan enam tekel dan mengeksekusi 12 sepak pojok. Sayang sekali timnya harus tersingkir.
  • Federico Chiesa (LM/Juventus) – 8,3 – mencetak dua gol hebat yang membuatnya tampak seperti penyerang terbaik Juventus saat ini, sayang dia ditarik keluar di babak waktu tambahan karena cedera.
  • Sergio Oliviera (CM/Porto) – 8,2 – mencetak kedua gol tandang Porto yang menentukan, pertama lewat penalti dan kedua via tendangan bebas yang menyingkirkan Juventus dari ajang ini.
  • Adrien Rabiot (CM/Juventus) – 8,8 – mencetak gol ketiga Juventus lewat tandukan yang sempat membuka harapan, tapi akhirnya sudah terlalu terlambat.
  • Mohamed Salah (RM/Liverpool) – 7,7 – memecah kebuntuan Liverpool menit ke-70 usai memanfaatkan umpan Jota, terus menunjukkan bahwa dia adalah pemain terpenting bagi skuad asuhan Klopp.
  • Lionel Messi (ST/Barcelona) – 8,3 – mencetak gol luar biasa dari luar kotak, tapi kemudian gagal mengeksekusi penalti beberapa menit kemudian. Messi total melancarkan 7 tembakan, 4 umpan kunci, dan 4 dribel sepanjang laga.
  • Erling Haaland (ST/Dortmund) – 8,4 – mencetak dua gol dari dua tembakan ke gawang, membawa Dortmund sempat unggul 2-0. Dia terlibat pada semua 5 gol BVB ke gawang Sevilla di laga dua leg, dengan empat gol dan satu assist.