Kasihan Dua Tim Debutan Liga Champions, Satu Kebagian Real Madrid, Satunya Barcelona

Gila Bola – Dalam drawing Liga Champions yang selesai tadi malam, ada dua tim debutan yang seumur-umur baru sekali ini mencicipi UCL. Tapi peluang untuk lolos diganjal dua raksasa La Liga, Real Madrid dan Barcelona. Begini ceritanya.

Dua tim debutan Liga Champions musim ini adalah Union Berlin asal Bundesliga dan Royal Antwerp asal Liga Belgia. Tim asal ibukota Jerman itu kebagian Grup C, satu grup dengan Napoli dari Serie A, Real Madrid dan SC Braga dari Portugal.

Sedangkan Royal Antwerp, nanti kita lihat fotonya di bawah, masuk ke Grup H UCL musim ini, usai hasil drawing menyatukan mereka satu kelompok dengan Barcelona, Shakhtar Donetsk dan FC Porto.

Peluang Lolos Sangat Rendah Bagi Union Berlin dan Antwerp

Jika melihat semata-mata dari rating UEFA yang disematkan pada kedua tim ini maka peluang mereka lolos sangat rendah.

Kedua tim debutan ini, Antwerp dan Union Berlin, sama-sama memiliki nilai koefisien 17.000, yang berarti catatan lima tahun terakhir di kompetisi Eropa hampir tidak ada.

Artinya, sulit bagi mereka untuk memberi kejutan di grupnya masing-masing, terhadap Real Madrid bagi tim ibukota Jerman itu, maupun terhadap Barcelona bagi tim Belgia tersebut.

Namun dibandingkan Antwerp, masih mungkin Union Berlin membikin kejutan di Grup C jika melihat apa yang mereka lakukan musim silam di liga domestiknya.

Peluang Muncul Jika Melihat Jejak Union Berlin di Bundesliga

Namun jika kita melihat catatan yang ditorehkan Union Berlin pada kompetisi Bundesliga musim kemarin, 2022/23, maka ada sedikit harapan bahwa mereka akan memunculkan kekecewaan besar di Grup C.

Union Berlin menempati urutan keempat klasemen akhir Liga Jerman itu setelah menang 18 kali, imbang delapan dan kalah delapan kali.

Salah satu korban Die Eisernen adalah Bayern Munchen, yang ditahan imbang 1-1 pada pekan kelima pada laga kandangnya di Stadion An der Alten Försterei.

Mereka juga menang 2-0 atas Borussia Dortmund pada pekan ke-10 yang berlangsung 16 Oktober 2022.

Die Roten membalaskan dendam dengan mengalahkan tim kejutan ini 3-0 pada pertemuan kedua kalinya di Allianz Arena, pekan ke-22, akhir Februari 2023.

Demikian juga BVB membalaskan dendam dengan menang 2-1 atas Die Eisernen pada laga pekan ke-27 pada awal April 2023.

Tetapi kita sudah tahu pesan yang hendak disampaikan di sini. Potensi kejutan ada. Cukup anak-anak Carlo Ancelotti menganggap remeh skuad yang diperkuat Josip Juranovic, Rani Khedira dan Timo Baumgartl itu maka mereka akan membuat kejutan.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!