Kemenangan Manchester City Loloskan Tim yang Tak Terduga

Kemenangan Manchester City Loloskan Tim yang Tak Terduga

Kemenangan Manchester City 4-1 di kandang Dinamo, Kamis (12/12) dinihari, meloloskan tim yang tak terduga sama sekali di Grup C Liga Champions. Siapa?

Manchester City sempat tertinggal 1-0 oleh tuan rumah Dinamo Zagreb sebelum tiga gol dari Gabriel Jesus dan satu dari Phil Foden membawa kemenangan 4-1 bagi Manchester City – yang sebelum laga dimulai sudah pasti lolos ke babak 16 besar Liga Champions – di Stadion Maksimir Zegreb, Kroasia. Kegagalan Dinamo membawa keberuntungan bagi Atalanta yang lolos setelah pada jam yang sama menang 0-3 di kandang Shakhtar Donetsk.

Sedikit drama terjadi sebelum, sementara laga berjalan dan sesuai pertandingan. Sebelum laga Grup C Liga Champions ini dimulai – dengan Manchester City sudah memastikan diri lolos sejak pekan lalu – susunan keempat tim adalah sebagai berikut:

  • Man City 14 poin
  • Shakhtar Donetsk 6 poin
  • Dinamo Zagreb 5 poin
  • Atalanta 4 poin

Selang 10 menit pertandingan ini berjalan, Dinamo Zagreb naik ke posisi kedua klasemen grup dengan gol Daniel Olmo ke gawang Claudio Bravo. Penonton tuan rumah di Stadion Maksimir berdiri dan bersorak bergembira, membayangkan tim Kroasia itu lolos ke 16 besar.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Selang 24 menit kemudian gol pertama Gabriel Jesus di kandang Zagreb membuat skor sama kuat 1-1 dan Shakhtar Donetsk bersorak karena skor mereka lawan Atalanta masih 0-0, yang berarti tim Ukraina itu naik ke posisi kedua klasemen Grup C dengan perolehan poin 7, Dinamo di bawahnya dengan enam poin dan Atalanta lima.

Setelah gol kedua Gabriel Jesus pada menit ke-50, yang membawa skor 1-2 untuk keunggulan Manchester City, Dinamo Zagreb merosot lagi dengan poin lima karena dalam posisi kalah. Skor Shakhtar vs Atalanta masih 0-0. Demikian juga setelah gol Jesus ketiga pada menit 54 situasi masih belum berubah.

Situasi dramatis terjadi saat Atalanta berhasil menjebol gawang Shakhtar melalui gol Timothy Castagne menit 68 yang dilanjutkan gol Mario Pasalic menit 80. Mereka mungkin terpacu semangatnya setelah mendengar bahwa Zagreb merosot karena dalam posisi tertinggal 1-3 berkat tiga gol Gabriel Jesus.

Dengan Atalanta unggul 0-2 dan di saat yang sama Dinamo tertinggal 1-4 setelah Phil Foden mencetak gol keempat The Skyblues pada menit-menit akhir, moral tuan rumah ambruk. Kemenangan Manchester City itu mempengaruhi klasemen Grup C sebagai berikut:

  • Man City 14 poin
  • Atalanta 7 poin
  • Shakhtar Donetsk 6 poin
  • Dinamo Zagreb 5 poin

Hasil ini tidak terduga sama sekali. Atalanta yang sama sekali tidak diunggulkan untuk lolos karena penampilan buruk mereka, malah masuk ke 16 besar sebagai tim urutan kedua Grup C. Satu gol lagi mereka cetak di masa injury time sehingga skor akhir Shakhtar vs Atalanta adalah 0-3.