Liverpool Bersiap Kalah Setelah Lihat Nama Wasit Final Liga Champions

Liverpool Bersiap Kalah Setelah Lihat Nama Wasit Final Liga Champions

Liverpool kecewa melihat nama wasit final Liga Champions nanti. Bisa terulang tragedi kekalahan musim lalu di tangan Real Madrid.

Wasit asal Slovenia, Damir Skomina, dipilih UEFA untuk jadi pengadil partai final Liga Champions antara Tottenham Hotspur vs Liverpool di Madrid tanggal 2 Juni mendatang. Dan para pendukung The Reds tidak akan menyukai nama itu.

Dalam sejarah kebudayaan sepak bola di masa lalu, Damir Skomina sudah memimpin lima laga The Reds dan berujung dengan empat kekalahan serta satu kemenangan. Pengalaman pertama Liverpool dengan wasit ini terjadi tahun 2009 saat ia menjadi pengadil dalam laga lawan Fiorentina di Stadion Anfield dan berujung kekalahan.

Enam tahun kemudian, berarti tahun 2015, ia memimpin pertandingan The Reds lawan skuad Besiktas asal Turki dan lagi-lagi berakhir dengan kekalahan sebelum sebuah laga lain kompetisi Eropa lainnya melawan tim asal Spanyol, Villarreal, dan kembali dengan kekalahan.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Damir Skomina juga menjadi wasit saat Liverpool kalah 4-2 lawan AS Roma di ajang leg kedua semi final Liga Champions musim lalu, meski tetap lolos karena keunggulan skor agregat. Dan rangkaian kekalahan itu berakhir saat The Reds menang atas Napoli di awal musim ini pada babak penyisihan grup kompetisi Eropa tersebut.

Supaya fair harus disebutkan bahwa pengadil asal Solvenia ini pernah memimpin dua pertandingan Tottenham Hotspur, satu berakhir dengan kekalahan 4-3 lawan Inter Milan tahun 2010 dan satunya lagi draw 2-2 lawan Benfica tahun 2014.

Wasit ini pamor namanya setelah dihina-hina oleh Neymar di media sosial usai kekalahan hebat PSG 1-3 di tangan Manchester United di Parc des Princes pada tanggal 7 Maret lalu saat leg kedua laga 16 besar Liga Champions. The Red Devils kemudian lolos ke babak perempat final dengan agresifitas gol tandang 3-3 setelah kalah 2-0 dari leg pertama di Old Trafford. Setan Merah kemudian takluk 4-0 agregat di tangan Barcelona pada babak perempat final.

Daftar Laga Liverpool yang dipimpin Damir Skomina

  • Liverpool 1-2 Fiorentina, 9 Des 2009
  • Besiktas 1-0 Liverpool, 26 Feb 2015
  • Villarreal 1-0 Liverpool, 28 April 2016
  • Roma 4-2 Liverpool, 2 Mei 2018
  • Liverpool 1-0 Napoli, 11 Des 2018