Liverpool Bisa Ketemu Real Madrid di Babak Grup Musim Depan

Drawing 8 besar Champions League menghasilkan dua kejutan yang kurang menyenangkan, yakni Real Madrid vs Juventus dan Liverpool vs Manchester City
Drawing 8 besar Champions League menghasilkan dua kejutan yang kurang menyenangkan, yakni Real Madrid vs Juventus dan Liverpool vs Manchester City

Gilabola.com – Nasib buruk Liverpool di ajang Liga Champions terus berlanjut. The Reds hanya masuk Pot 3 undian musim depan, dan berpeluang ketemu Real Madrid atau Barcelona di babak penyisihan grup.

Dengan digolongkan hanya sebagai tim Pot 3 maka peluang sangat besar untuk bertemu tim-tim raksasa dari Pot 1 dan Pot 2 pada babak penyisihan grup, yang mempersulit peluang lolos dari tahap itu pada Liga Champions musim depan.

Selain Real Madrid dan Barcelona, Liverpool berpeluang ketemu tim menyulitkan lainnya seperti Inter Milan dan Borussia Dortmund.

Seandainya saja mereka memenangkan Liga Champions, mereka akan mendapat tempat di Pot 1, yang bisa memberi mereka undian yang lebih murah hati, berpotensi melawan Basel, Ludogorets dan Celtic.

Seperti biasanya, klub mana masuk Pot 1 atau Pot 2 atau Pot 3 ditentukan oleh nilai koefisien klub, sarana di mana UEFA menentukan peringkat klub dalam kompetisi mereka.

BACA:  Daniel Sturridge Terancam Sanksi Berat Soal Dugaan Perjudian

Selama semusim, klub diberi poin untuk mewakili prestasi mereka, baik di Liga Champions atau Liga Europa, dan untuk memenangkan atau draw pertandingan di setiap kompetisi.

Total poin selama periode lima tahun terakhir menentukan koefisien klub. Semakin baik suatu klub dalam skala waktu tersebut, semakin tinggi nilai koefisiennya, dan semakin tinggi peringkatnya. Prestasi dan kegagalan The Reds lolos ke Eropa dalam musim-musim silam menentukan posisi mereka tahun ini.

Sementara itu Manchester City yang menjuarai Premier League kemungkinan akan diberikan rute termudah ke tahap sistem gugur dengan menduduki unggulan Pot 1 – meskipun mungkin masih bisa bertemu grup rumit Dortmund, AS Monaco dan Inter Milan.

BACA:  Xherdan Shaqiri Diakui Mirip Dengan Lionel Messi

Tottenham dan Manchester United akan berada di pot 2 – yang berarti jika mereka tidak beruntung dengan bertemu Lokomotiv Moscow, mereka akan melawan salah satu elit Eropa dari Pot 1.

Musim lalu, Spurs menduduki puncak grup yang di dalamnya ada Real Madrid dan Dortmund sebelum dibuang di babak 16 besar oleh Juventus.