Liverpool Hadapi Pemain Langganan Tampil di Liga Champions

Liverpool harus bersiap hadapi pemain yang paling sering bermain di Liga Champions dan Rabu (7/3) dinihari nanti dipastikan bermain di Anfield.
Liverpool harus bersiap hadapi pemain yang paling sering bermain di Liga Champions dan Rabu (7/3) dinihari nanti dipastikan bermain di Anfield.

Gilabola.com – Tak ada pemain lain yang bermain lebih sering di ajang Liga Champions dibandingkan kiper FC Porto, Iker Casillas. Ia dipastikan akan kembali turun saat klubnya tandang ke kandang Liverpool di leg kedua babak 16, Rabu (7/3) dinihari nanti.

Iker Casillas pertama kalinya gabung dengan tim Liga Champions saat ia baru berusia 16 tahun. Saat itu, ia membela Real Madrid yang bertemu klub Roseborg pada 27 November 1997.

Iker Casillas ikut lakukan perjalanan dengan skuad El Real ke Trondheim, namun ia tak langsung dimainkan dalam laga melawan klub asal Norwegia itu. Sebagai gantinya, ia harus menunggu dua tahun lagi sebelum memulai debutnya dalam kompetisi tersebut.

Kesempatan itu akhirnya tiba pada 15 September 1999. Saat itum kiper utama Madrid Bodo Illgner tengah cedera, dan kiper kedua yang baru saja dikembalikan Albano Bizzarri ternyata tidak sepenuhnya fit.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Akhirnya, pelatih Madrid saat itu, John Toshack, putuskan untuk berikan kesempatan pada Iker Casillas yang masih remaja. Kiper asal Spanyol itupun bermain dalam pertandingan melawan Olympiakos di Athena.

Casillas yang masih berusia 18 tahun itu sebenarnya sudah tampil empat kali untuk tim utama El Real di saat pramusim, termasuk dalam pertandingan Trofeo Bernabéu melawan AC Milan dan memulai debutnya di Liga Spanyol, dengan pertandingan melawan Athletic Bilbao.

“Apakah saya khawatir dengan mainkan kiper muda seperti itu? Tidak, tidak ada yang bisa saya lakukan mengenai usianya. Dan, selain itu, dia sudah bermain melawan Milan, Perugia dan Athletic. Berrizzi baru saja pulih dari cedera, dan Iker-lah yang akan jadi starternya,” tegas pelatih Toshack ketika itu.

Casillas yang gugup membuat debut Liga Champions-nya dengan pertandingan yang berakhir imbang, 3-3, dan ia berhasil pertahankan posisinya untuk laga berikutnya melawan tim Norwegia, Molde – yang jadi pertandingan perdana dalam 170 penampilannya di turnamen tersebut.

Adapun dari 170 penampilan Casillas di Liga Champions, 152 di antaranya terjadi saat ia masih bermain untuk Real Madrid dan 18 pertandingan lainnya bersama FC Porto

Pada Rabu (7/3) dinihari WIB, Casillas bisa tampil dalam pertandingan yang digelar di Anfield – stadion yang dia kenal dengan baik.

Pekan ini, hampir 10 tahun yang lalu Casillas bersama tim Madrid alami kekalahan di Liga Champions terberatnya di kandang Liverpool. Saat itu, Liverpool asuhan Rafa Benitez berhasil permalukan Real Madrid, 4-0.

Kini, FC Porto sudah tertinggal 0-5 di leg pertama, dan Casillas bisa bermain gantikan José Sá dinihari nanti. Pelatih Sergio Conceçao juga putuskan untuk mainkan Casillas, dan ini akan menjadi penampilan terakhir Iker Casillas di ajang Liga Champions.