Liverpool Harusnya Kena Kartu Merah Menit Kedua, Hasilnya Bisa Beda

Liverpool Harusnya Kena Kartu Merah Menit Kedua, Hasilnya Bisa Beda

Andy Robertson yang toyor kepala Lionel Messi harusnya kena kartu merah dan Liverpool main dengan 10 orang saja sejak menit kedua. Hasil akhirnya bisa beda.

Liverpool menampilkan kebangkitan kembali paling dramatis dalam sejarah Liga Champions dengan membalik ketertinggalan 0-3 menjadi 4-3 agregat usai leg kedua semi final di Stadion Anfield hari Rabu (8/5). Dan The Reds melakukan itu tanpa dua striker bintang mereka Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Tapi menurut pendapat mantan wasit Premier League Mark Halsey, adegan bek The Reds Andy Robertson menoyor kepala Messi dari arah belakang pada menit kedua itu seharusnya berujung kartu merah. Hasil akhir leg kedua semi final Liga Champions bisa sepenuhnya berbeda jika Liverpool bermain hanya dengan 10 orang saja selama 88 menit.

Dalam aturan buku sakti wasit, demikian kata Mark Halsey, jika Anda memukul bagian tubuh di atas leher maka itu merupakan pelanggaran yang berujung kartu merah. Wasit Cuneyt Cakir asal Turki sayangnya tidak melihat adegan kekerasan pada menit kedua pertandingan di Stadion Anfield tersebut.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Dan asisten wasit Felix Zwayer asal Jerman juga tidak mengkategorikan itu sebagai sebuah aksi kekerasan. Seharusnya sebagai petugas VAR, Felix Zwayer bisa memanggil Cuneyt Cakir untuk memeriksa ulang adegan toyor kepala Lionel Messi itu.

Supaya adil kita harus bahas adegan Sadio Mane terjatuh di dalam kotak penalti Barceloan dalam satu tekanan Liverpool tak lama sejak pertandingan dimulai. Apakah itu layak penalti? Mantan wasit Mark Halsey mengatakan tidak. Dan wasit Cuneyt juga langsung mengibaskan tangannya pertanda ia tak setuju itu sebuah pelanggaran.

Soal Luis Suarez menendang Andy Robertson di akhir babak pertama, mungkin sebagai balas dendam untuk toyoran ke kepala sahabatnya Messi itu, Halsey setuju itu pelanggaran tapi tak layak kartu merah. Hanya kartu kuning. Robertson akhirnya cedera dan harus diganti oleh Georginio Wijnaldum pada awal paruh kedua permainan.